Comscore Tracker

Jejak Karo United, Belum Genap Berusia 3 Tahun Sudah Promosi Ke Liga 2

Beriku rekam jejak tim sepakbola Karo United

Karo United FC (atau singkatan dari Karo United Football Club) adalah tim sepak bola Indonesia yang bermarkas di Stadion Samura, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Karo United FC dideklarasikan pada tanggal 22 Juli 2019 di Kota Medan dan berkompetisi di Liga 3.

Belum genap usianya 3 tahun, tim ini sudah berhasil promosi ke Liga 2 Indonesia. Hasil ini diraih berkat kemenangan pada laga terakhir babak 16 besar Liga 3 Nasional melawan Persikab Bandung 2-1.

Dengan kemengan ini, Karo United memastikan satu tiket promosi ke Liga 2. Yuk simak jejak rekam Karo United.

Baca Juga: Selamat Datang di Liga 2 Indonesia Karo United, Rambas Kerina

1. Juara Liga 3 Zona Sumut tahun 2019

Jejak Karo United, Belum Genap Berusia 3 Tahun Sudah Promosi Ke Liga 2Karo Mania, Suporter Karo United (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Karo United didirikan oleh jajaran pengurus yang dipimpin langsung oleh inisiator sekaligus Presiden Klub Arya Mahendra Sinulingga. Klub ini didirikan dengan tujuan agar dapat menjadi kekuatan baru bagi sepak bola di Sumatera Utara.

Arya Sinulingga menunjuk Theopilus Ginting menjadi manajer Karo United.

Pada Liga 3 Zona Sumatra Utara tahun 2019, Karo United ditukangi oleh Ansyari Lubis, Donny Fernando Siregar, dan M Halim berhasil membawa Karo United menjuarai Liga 3 Zona Sumut. Namun langkah dibabak nasional terhenti di 32 besar.

Pada tahun 2020 Liga Indonesi terhenti, sehingga Karo United sempat vakum, seperti tim-tim Liga 3 lainnya.

2. Juara ketiga Liga 3 Zona Sumut

Jejak Karo United, Belum Genap Berusia 3 Tahun Sudah Promosi Ke Liga 2Karo United meraih peringkat ketiga Liga 3 Zona Sumut (foto official Karo United)

Pada pertengahan 2021, Liga Indonesia kembali digelar. Karo United kembali mengumpulkan pemain-pemain terbaik di Sumut untuk mengarungi Liga 3.

Pada 17 Juni 2021, Arya Sinulingga telah menanggalkan jabatannya sebagai Presiden Klub Karo United dan estafet jabatan diberikan kepada Theopilus Ginting yang sebelumnya menjabat sebagai manajer klub.

Posisi manajer yang ditinggalkan Theopilus kemudian dijabat oleh Yosephine Sembiring.

Jajaran manajer menunjuk Slamet Riyadi menjadi Pelatih Karo United didampingi Donny Fernando Siregar dan Dede Pranata.

Tarrget juara Liga 3 zona Sumut meleset. Namun tim berjuluk Laskar Simbisa ini tetap lolos ke babak nasional karena meraih juara ketiga zona Sumut.

3. Slamet Riyadi digantikan oleh Suharto AD sebelum berlaga di babak nasional

Jejak Karo United, Belum Genap Berusia 3 Tahun Sudah Promosi Ke Liga 2Kapten Karo United, Aidun Sastra Utami menerima trofi peringkat ketiga lanjutan Liga 3 Zona Sumut (foto official Karo United)

Mengarungi babak nasional Liga 3 2021/2022, Manajemen Karo United memilih mengganti pelatih. Slamet Riyadi digantikan oleh Suharto AD.

Babak 64 besar hingga 32 besar berjalan mulus dan melenggang ke babak 16 besar.

Pada babak 16 besar, Karo United sedikit terpeleset setelah ditahan imbang Serpong City 1-1. Namun Aidun Sastra Dkk bangkit dan berhasil memenangkan dua laga selanjutnya dan memastikan diri sebagai juara grup BB 16 besar Liga 3 Nasional serta memastikan satu tiket promosi ke Liga 2.

Sebagai informasi, 8 tim dari Liga 3 akan promosi ke Liga 2 Indonesia.

Baca Juga: Merangkum Perjalanan PSDS hingga Promosi ke Liga 2 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya