5 Faktor Penentu Karo United FC Jadi Kampiun Liga 3 Zona Sumut

Kalahkan PS Bhinneka 5-2 di partai final

Medan, IDN Times - Karo United FC menjuarai Liga 3 Sumatera Utara 2019 usai mengalahkan PS Bhinneka 5-2 pada final di Stadion Teladan, Minggu (29/9). Ahmad Fathoni mempersembahkan hattrick gol untuk Laskar Simbisa. Dua gol tambahan diciptakan Willyando dan Iyansen Delpiero.

PS Bhinneka sendiri sempat unggul di laga ini lewat gol pembuka M Chandra. Satu gol tambahan lewat M Azhari belum mampu menghindari timnya dari kekalahan. Meski demikian, dua tim finalis ditambah PSDS (posisi 3) akan mewakili Sumut di babak Regional Sumatera.

Sebelum ke sana, menarik disimak sukses Karo United sebagai tim debutan tahun ini. Ada beberapa faktor pendukung yang membuat Karo United bisa tampil perkasa.

1. Pelatih berpengalaman sekaliber Ansyari Lubis

5 Faktor Penentu Karo United FC Jadi Kampiun Liga 3 Zona SumutIDN Times/Hasudungan

Siapa yang tak kenal dengan Ansyari Lubis? Dia salah satu legenda Timnas Indonesia yang jelas punya nama besar. Semasa aktif bermain bola, pria asli Deli Serdang ini sempat menjadi pemain termahal dengan nilai kontrak Rp25 juta sewaktu diboyong Pelita Jaya musim 1993/1994.

Begitu pun karir sebagai pelatih. Eks pelatih PSMS ini tercatat pernah membawa Aceh United promosi ke Liga 2 2018, setelah finish di urutan 3 Liga 3 nasional 2017. Selanjutnya, dia juga membawa PSDS juara Liga 3 Sumut musim 2018.

Baca Juga: Liga 3 Sumut, Karo United dan PS Bhinneka Berhasil Raih Kemenangan

2. Materi pemain mumpuni, eks Liga 1 dan Liga 2

5 Faktor Penentu Karo United FC Jadi Kampiun Liga 3 Zona SumutInstagram.com/karounitedfc

Ansyari jelas punya pemain-pemain yang dia andalkan, rata-rata memang anak asuhnya terlebih dahulu. Mulai dari Willyando (eks PS TNI/ Tira Persikabo), Hamzali (eks PSMS, PSIM), M Nasta (eks PSMS), M Ridho (eks PSMS) dan lainnya. Mereka dikombinasikan dengan talenta muda Sumut dan juga putra daerah Karo seperti Kardinata Tarigan, M Bagus, dan Johan Artanta Sembiring

3. Manajemen profesional

5 Faktor Penentu Karo United FC Jadi Kampiun Liga 3 Zona SumutIDN Times/Hasudungan

Karo United dibentuk beberapa hari jelang bergulirnya Liga 3 Sumut. Namun, kehadiran Arya Sinulingga sebagai presiden klub membuat tim ini menjelma sebagai kekuatan baru dengan manajemen profesional. Pengalamannya sebagai petinggi di media nasional, diterapkan juga di klub Karo United.

Mulai dari perekrutan pelatih secara profesional dan mengikutkan orang-orang terbaik di bidangnya seperti Effendi Syahputra mantan manajer PSIM. Begitu juga, Karo United sudah berbisnis dengan menjual merchandise dalam bentuk jersey.

"Kami menyiapkan manajemen yang baik, termasuk mencari pelatih dan pemain terbaik. Jadi kami tidak terkejut. Jika semuanya baik, maka hasilnya juga baik seperti ini," terang Arya Sinulingga.

4. Dukungan penuh Karo Mania

5 Faktor Penentu Karo United FC Jadi Kampiun Liga 3 Zona SumutIDN Times/Hasudungan

Karo United muncul di tengah PSSK Karo tengah tertidur. Makanya, Karo United kini jadi pelepas dahaga bagi masyarakat Karo maupun suku Karo se-dunia yang rindu meilihat tim daerahnya berkompetisi.

Penampilan Karo United pun mengundang decak kagum. Hal tersebut berimbas dengan semakin banyaknya suporter alias Karo Mania setiap harinya. Pada babak final di Medan, tribun barat stadion hampir sepenuhnya diisi Karo Mania yang datang langsung dari Karo maupun daerah lain di Sumut.

5. Homebase yang mendukung

5 Faktor Penentu Karo United FC Jadi Kampiun Liga 3 Zona SumutIDN Times/Hasudungan

Pelatih Ansyari Lubis atau Uwak tak memungkiri, kekompakan pemain menjadi salah satu kunci sukses timnya. Begitu juga, kerja keras manajemen dan suporter menjadi pendukung yang membuat Karo United bisa juara. Selain itu, Uwak menegaskan cuaca dingin di Karo juga sangat mendukung keberadaan sebuah klub.

Karo United memang klub yang punya homebase baik, yakni Stadion Samura Kabanjahe. Stadion tersebut sudah mereka gunakan untuk babak penyisihan dan 10 besar dengan menjual tiket setiap laga. "Rencananya kami akan ajukan untuk tuan rumah babak Regional Sumatera," pungkas Arya.

Baca Juga: Karo United Hadapi PS Bhinneka di Final Liga 3 Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya