Comscore Tracker

Lepas Kontingen dengan Peusijuk, Aceh Targetkan 13 Medali Emas di PON

Gubernur Nova berikan tips keberhasilan pada para atlet

Banda Aceh, IDN Times - Kontingen Provinsi Aceh yang bakal mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, dilepas langsung oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah,di Gadung Anjong Mon Mata, Kota Banda Aceh, Aceh, pada Jumat (24/09/2021) malam.

Acara pelepasan para atlet dari berbagai cabang olahraga tersebut dilakukan dalam bentuk seremonial peusijuek (tepung tawar).

Turut hadir dalam kegiatan itu Paduka Wali Nanggore Aceh, Malik Mahmud Al-Haythar; Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dahlan Jamaluddin; dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI, Achmad Marzuki.

Selanjutnya, staf ahli gubernur, asisten sekretaris daerah (setda) Provinsi Aceh, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh, serta kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh.

Selain itu, ketua dan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh, pengurus organisasi, pelatih, dan pembina olahraga di Aceh dan para atlet PON serta official Kontingen Provinsi Aceh.

Baca Juga: Mau Potong Rambut? Ini 7 Barber Shop Paling Hits di Kota Medan

1. Nova berharap para atlet bisa mengukir prestasi di ajang PON

Lepas Kontingen dengan Peusijuk, Aceh Targetkan 13 Medali Emas di PONGubernur Aceh, Nova Iriansyah saat melepas Kontingen Aceh menuju PON XX di Papua (Foto: Istimewa)

Dalam sambutannya Nova menyampaikan, dukungan untuk pembangunan bangsa dan negara tidak hanya dalam bentuk pembangunan fisik atau ekonomi, tapi juga dalam bidang olahraga dan pembinaan generasi muda.

“Dengan semua anugerah itu, pada hari ini kita akan mengutus atlet-atlet terbaik Aceh untuk mengikuti PON ke-20 yang berlangsung di Papua mulai tanggal 2 sampai dengan 15 Oktober 2021,” kata Nova, dalam keterangan tertulis, pada Sabtu (25/9/2021).

Ia berharap, dengan perjuangan keras dan doa yang tulus seluruh lapisan masyarakat akan memudahkan jalan bagi para atlet untuk mengukir prestasi yang membanggakan daerah.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Aceh, saya mengucapkan Selamat kepada para atlet Aceh yang telah mendapatkan kepercayaan berlaga di forum olahraga terbesar nasional dengan membawa bendera Aceh. Berjuanglah sekuat tenaga demi kehormatan daerah kita,” imbuhnya.

2. Aceh targetkan 13 medali emas di PON Papua

Lepas Kontingen dengan Peusijuk, Aceh Targetkan 13 Medali Emas di PONReplika medali Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Selain itu, Nova mengatakan, dalam lima tahun terakhir prestasi olahraga Aceh sebenarnya sudah cukup meningkat. Pada PON di Jawa Barat lima tahun silam, atlet Aceh sukses mendulang delapan emas, tujuh perak, dan sembilan perunggu. Raihan ini melewati target yang ditetapkan KONI Provinsi Aceh.

Di berbagai kejuaraan nasional lainnya, atlet Aceh juga banyak meraih prestasi membanggakan, termasuk pada cabang olahraga angkat besi di mana Aceh memiliki lifter putri terbaik nasional peringkat lima dunia di kelas 87 kg. Karena itu, ia tidak heran jika KONI Provinsi Aceh mematok target cukup tinggi pada PON Papua ini.

“Saya sempat mendengar kalau Ketua Umum KONI Aceh memasang target 13 medali emas. Tentu sudah ada kalkulasi yang tajam terkait target ini. Kalau saja bisa tercapai, jelas ini prestasi yang luar biasa. Pencapaian ini pasti menjadi modal berharga bagi kita dalam menyongsong PON ke-21 tahun 2024,” sebut gubernur Aceh itu.

3. PON Papua menjadi batu loncatan bagi para atlet untuk ajang selanjutnya

Lepas Kontingen dengan Peusijuk, Aceh Targetkan 13 Medali Emas di PONSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Pada PON tahun 2024 nanti, Aceh dikatakan Nova, akan menjadi tuan rumah bersama dengan Sumatra Utara. Momentum itu dimintanya, harus dimanfaatkan dengan sebaiknya untuk membangkitkan prestasi olahraga Aceh.

Meski demikian, PON Papua ini juga diharap menjadi batu loncatan untuk PON 2021 nanti. Jika atlet Aceh mampu meraih prestasi terbaik pada PON 2021 ini, maka cahaya terang diharapkan akan menaungi prestasi Aceh pada PON 2024 nanti.

“Karena itu, kepada semua atlet Aceh, kami berharap agar kalian selalu tampil prima di setiap pertandingan. Jaga sportivitas dan ukirlah prestasi yang membanggakan bagi rakyat Aceh. Insya Allah Pemerintah Aceh akan menyiapkan bonus melalui KONI bagi para atlet yang bisa menorehkan prestasi pada PON kali ini,” pungkas Gubernur.

Pada kesempatan ini, gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada KONI Aceh dan semua pihak yang selama ini telah mendukung persiapan atlet Aceh dalam menghadapi PON ini. Gubernur berharap harmonisasi dan kerjasama yang telah dibangun selama ini dapat lebih ditingkatkan di masa-masa mendatang.

4. Lima tips keberhasilan dari Nova untuk Kontingen Aceh

Lepas Kontingen dengan Peusijuk, Aceh Targetkan 13 Medali Emas di PONGubernur Aceh, Nova Iriansyah (IDN Times/Istimewa)

Di acara pelepasan tersebut, Nova memberikan lima tips atau kunci keberhasilan untuk menjadi pegangan teguh para atlet PON Kontingen Provinsi Aceh.

Pertama, Nova berpesan, agar para atlet selalu menjaga rasa percaya diri, memperkuat mental, tidak ragu-ragu dalam menghadapi setiap pertandingan. “Bangun dan kembangkan kekuatan itu. Yakinkan diri Anda, bahwa kalian lebih unggul dibanding lawan,” kata Nova.

Kedua, agar para atlet memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam diri mereka. “Jangan ada beban yang disimpan. Ingat, bahwa Saudara-Saudara adalah atlet-atlet pilihan yang diseleksi dari berbagai daerah. Itu berarti anda sekalian bukanlah orang sembarangan. Dan saya yakin, Saudara-Saudara juga sudah berpengalaman dalam kompetisi lokal. Itu semua adalah modal berharga untuk bisa mengalahkan lawan di pertandingan nanti,” pesannya.

Ketiga, para atlet juga diminta menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan beristirahat yang cukup, tidur yang cukup, jaga pola makan sehat, serta selalu berpikir positif.

“Keempat, kepada official, pelatih, pendamping, dan semua yang terlibat dalam manajemen kontingen Aceh, saya minta agar melaksanakan tugas dengan baik. Jangan ditambah beban apapun kepada atlet kita, selain fokus kepada pertandingan. Jika ada keluhan dari atlet, cepat ditangani dengan baik agar atlet kita tidak menghadapi kendala apapun selama kompetisi berlangsung,” kata Nova.

Pesan yang kelima, gubernur meminta para atlet memperkuat ibadah dan selalu berdoa kepada Allah SWT, agar cita-cita baik ini mendapatkan ridha Allah, sehingga tujuan perjuangan berhasil dengan baik.

“Tentu saja saya juga menyeru kepada masyarakat Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet kita ini, sehingga para atlet Aceh siap tampil dengan kemampuan terbaiknya,” ujar gubernur Aceh itu.

Baca Juga: Kisah Jusuf Sokartara, Mantan Atlet yang Keliling Dunia dengan Sepeda

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya