Unggul Tipis dari Simalungun, Medan Juara Umum Muay Thai Porprov Sumut

Medan koleksi 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu

Medan, IDN Times- Kontingen Kota Medan terus mendulang medali dan merajai berbagai cabor. Teranyar, Medan memastikan juara umum cabang olahraga muay thai Porprov Sumut XI/2022 di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut, Kamis (3/11/2022).

Medan meraih 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Hanya unggul tipis dari Simalungun dengan 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Artinya Medan hanya unggul satu perak dari Simalungun. 

Sementara Peringkat ketiga ditempati Toba dengan 2 emas. Gunungsitoli berada di peringkat empat dengan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Langkat berada di posisi kelima dengan 1 emas dan 1 perak. Tebingtinggi di posisi keenam dengan 1 emas dan 1 perunggu.

1. Kekuatan cukup merata antar kabupaten/kota

Unggul Tipis dari Simalungun, Medan Juara Umum Muay Thai Porprov SumutAtlet Medan memastikan juara umum cabor muay thai Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Keberhasilan ini disyukuri Ketua Muay Thai Indonesia (MI) Kota Medan, Bakhtiar Efendi Sirait. Dia mengakui persaingan sangat sengit di berbagai cabor.

"Persaingan cabang muaythai sudah merata. Karena itu, kita bersyukur bisa menjadi terbaik. Pesan saya, atlet Medan tetap latihan rutin sehingga bisa meningkatkan kemampuan," pesannya.

Sementara Rudi Rinaldi mewakili KONI Sumut mengatakan para juara masih akan diuji lagi dengan tes fisik sebelum ditetapkan masuk pelatda.

"Yang juara belum tentu masuk Pelatda PON. KONI Sumut akan menggelar tes fisik. Jadi, atlet harus tetap meningkatkan kemampuan melalui latihan rutin," kata Rudi.

Baca Juga: Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov Sumut

2. Pengprov MI Sumut akan gelar kejuaraan rutin

Unggul Tipis dari Simalungun, Medan Juara Umum Muay Thai Porprov SumutIlustrasi atlet muaythai putri (Dok. Antara)

Sementara Ketua Umum Pengprov Muay Thai Indonesia (MI) Sumut, Anthony Rajagukguk berharap para juara terus berlatih dan tidak cepat puas.

"Yang juara jangan cepat puas. Kalian juara tingkat Sumut, belum tentu bisa berprestasi di tingkat nasional. Untuk itu, jangan pernah lelah berlatih," pesan Anthony.

Anthony menambahkan, untuk yang belum juara untuk tetap berlatih. Sebab MI Sumut berencana akan menggelar kejuaraan setiap tiga bulan sekali. "Kita berencana menggelar kejuaraan per tiga bulan sekali, jadi tetaplah berlatih," tegasnya

3. Cabor muay thai diikuti 79 atlet

Unggul Tipis dari Simalungun, Medan Juara Umum Muay Thai Porprov SumutAtlet Medan memastikan juara umum cabor muay thai Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Sementara Technical Delegate, Zulkifli Lubis mengatakan cabang muay thai Porprov Sumut 2022 ini diikuti 79 atlet dari 111 atlet yang mendaftar dari 18 kabupaten/kota. Jumlah atlet menyusut setelah verifikasi timbang badan.

"Jadi cabang muay thai memiliki aturan maksimal berusia 27 tahun di PON 2024. Jadi ada beberapa atlet yang sudah kelewatan usia, sehingga hanya 79 atlet yang berhak tampil," paparnya.

Baca Juga: Porprov Sumut: Medan Terus Menjauh, Binjai Salip Karo di Urutan Kedua

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya