Porprov Sumut: Medan Terus Menjauh, Binjai Salip Karo di Urutan Kedua

Binjai rajai cabor atletik dengan 9 emas

Medan, IDN Times- Kontingen Medan terus menjauh dalam perburuan medali di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara XI 2022. Mereka sudah mengoleksi 32 medali emas, 21 perak dan 20 perunggu dalam klasemen yang di-update panitia Porprov Sumut hingga Rabu (2/11/2022) malam.

Yang menarik adalah posisi kedua di bawah Medan yang terus berganti selama tiga hari terakhir. Binjai melesat di urutan kedua dengan koleksi 12 emas, 11 perak dan 8 perunggu setelah merajai cabor atletik.Mereka menyalip Karo yang kini turun ke tangga ketiga dengan 11 emas, 8 perak dan 5 perunggu.

 

1. Medan tambah 10 emas dari taekwondo

Porprov Sumut: Medan Terus Menjauh, Binjai Salip Karo di Urutan KeduaAtlet taekwondo Medan di Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Selain dari tarung derajat dengan koleksi 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu, Medan mendulang 5 medali emas dari 8 kelas yang dipertandingkan. Medali mendulang medali emas kyorugi Medan melalui M Raeshid (-63kg putra), Sheila Bela Brahim (-57kg putri), Thania Adriana Pardosi (+73kg putri), Anggi Audina P (-53kg putri), Ribka H Manullang (-67kg putri).

Sementara Karo menguntit di peringkat kedua dengan torehan 3 medali emas. Taekwondo masih memainkan 5 nomor pertandingan hari terakhir Kamis (3/11) dengan mempertandingkan 5 nomor poomsae.

Persaingan nomor poomsae bakal berlangsung seru, dengan peserta terbanyak pada pertandingan singel putra/putri. "Ada 12 kabupaten/kota yang menjadi peserta nomor singel, Medan bertekad mendulang emas dari nomor poomsae" ujar pelatih Medan, Suamsyah.

Ketua Harian Pengprov TI Sumut M Rifai dan tehnical delegate Suharwan menyebutkan, taekwondo keseluruhan mempertandingkan 21 nomor.

Medan juga menambah medali emas dari cabor angkat berat. Lifter Putri andalan Sumatera Utara Angel sukses mempersembahkan medali emas bagi kontingen Medan. Di hari sebelumnya ada 3 emas dari angkat berat untuk Medan. 

Sementara medali emas di kelas 74 kg putra berhasil disabet atlet Tapanuli Selatan Saidina Sholih dengan total angkatan beban seberat 675 kg.Keberhasilan Sholih di ajang Porprovsu tahun ini sekaligus membayar lunas kegagalan dirinya pada Kejurnas angkat berat di Lampung.

“Kemarin Kejurnas di Lampung belum beruntung sih bang. Kendalanya tidak ada, mungkin butuh jam terbang lebih banyak tampil di event nasional. Target pasti ingin yang terbaik di PON 2024,” ungkapnya.

Baca Juga: Tebing Tinggi Borong Emas Beregu Bulu Tangkis Porprov Sumut

2. Binjai melesat setelah juara umum di atletik

Porprov Sumut: Medan Terus Menjauh, Binjai Salip Karo di Urutan KeduaAtlet Binjai meraih emas atletik Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Sementara untuk cabor atletik yang berakhir, Rabu (2/11/2022) di lintasan atletik Unimed, Binjai menjadi pengoleksi medali terbanyak. Binjai meraih 9 emas, 8 perak dan 3 perunggu. Di posisi kedua ditempati Taput dengan raihan 5 emas, 2 perak, 5 perunggu. Posisi ketiga ditempati Deli Serdang dengan 5 emas 2 perak dan 3 perunggu.Sebelumnya Binjai masih mengoleksi 3 emas. 

Taput meraih 5 emas lewat Jelita Simanullang (tolak peluru putri), Daniel Simanjuntak (5000 dan 10000 meter putra), Siska Simamora (1500 dan 5000 meter putri).D. Jodi Nainggolan, Ketua Kontingen Taput menyebut 5 emas di cabor atletik sesuai target.

"Target kita di cabor atletik yakni 5 emas dan itu sudah tercapai. Saya mengucapkan terima kasih kepada atlet," ujar Jodi.

3. Berpeluang raih emas dari 9 final tinju

Porprov Sumut: Medan Terus Menjauh, Binjai Salip Karo di Urutan KeduaAksi petinju di Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Medan berpeluang menambah medali lagi dari cabor tinju. Apalagi mereka meloloskan 9 petinju putra dan putri ke partai final cabang olahraga tinju di Gelanggang Remaja Medan. Pada semi final yang digelar Rabu (2/11), enam petinju Kota Medan memastikan langkahnya ke final yakni Iqbal Rasoki Simatupang di kelas 57 kg putra, Muhammad Umam (60 kg putra), Rivaldo Ferdinan Sitanggang (63 kg putra), Pranata Simanjuntak (71 kg putra), Christian SImanjuntak (75 kg putra), dan Jeremy Audry Imanuel (86 kg putra).

Mereka menyusul tiga petinju lainnya yang sudah lebih dahulu memastikan langkah ke partai final pada Selasa (1/11) ditempat yang sama yakni Murni Ayu Lestari (54 kg putri), Maulia Intan Savira (57 kg putri) dan Duta Fadilla Simangunsong (51 kg putra). Partai final akan digelar Jumat, 4 November 2022 sekalian penyerahan UPP hadiah kepada masing-masing pemenang.

Baca Juga: Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya