Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov Sumut

Koleksi 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu.

Medan, IDN Times- Kontingen Medan memastikan diri sebagai juara umum cabang olahraga Tarung Derajat di Gedung Serbaguna Soemekto Djadjanegara Poltekpar Negeri Medan, Rabu (2/11/2022). Kontingen Medan mengoleksi 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu.

Cabor olahraga tarung derajat digelar sejak 31 Oktober 2022 dan diikuti 135 atlet dari 20 pengcab.

1. Lima peraih medali emas Medan

Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov SumutAtlet tarung derajat Medan meraih emas gelaran Porprov Sumut 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Lima medali emas itu di antaranya 3 lewat nomor tarung dan 2 lewat seni gerak. Farhan Attamamil di kelas 64-67 kilogram mempersembahkan emas pertama untuk Medan. Di final peraih emas PON 2020 itu mengalahkan Rinaldi Halomoan (Padangsidimpuan) yang harus puas dengan perak. Sementara perunggu diraih Ahmad Soleh (Madina) dan Varva (Pematangsiantar).

Kemudian Nasiruddin meraih emas di kelas 75-80 kg setelah menumbangkan Sutandi (Pematangsiantar) di final. Perunggu diraih Yupri (Madina) dan Irwansyah (Tanjungbalai).

Emas berikutnya dipersembahkan petarung putru, Annisa Rizky dari kelas 50-54 kg. Di final ia mengalahkan Rizki Adinda (Langkat). Perunggu diraih Alya Dina (Madina) dan Bintang Berliana (Tebing Tinggi).

Dua emas lainnya diraih lewat nomor gerak tarung berpasangan putra dan gerak putri derajat 2.

Baca Juga: Tarung Derajat Perdana Digelar di Porprov Sumut, 135 Atlet Bersaing 

2. Distribusi medali cukup merata

Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov SumutRizky Firdaus dari Tebing Tinggi meraih emas Porprov Sumut 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Di urutan kedua pengoleksi medali terbanyak adalah Mandailing Natal dengan 3 emas, 1 perak dan 6 perunggu. Emas diraih dua petarung putrinya Dwi Jihan di kelas 45-50 kg dan Annisa Nasution dari kelas 50-54 kg serta dari nomor gerak tarung putra tiga orang.

Distribusi medali lainnya antara lain Asahan 2 emas 4 perunggu, Deli Serdang 1 emas , 2 perak dan 6 perunggu, Tebing Tinggi dengan 2 emas 1 perunggu, Simalungun dengan 1 emas 1 perak, Labuhanbatu 1 emas 2 perunggu, Batubara 1 emas, Labusel 1 emas, dan Labura 1 emas.

Ketua Pengcab Kodrat Medan, Bobby Oktavianus bersyukur bisa mencapai target menjadi juara umum.

"Alhamdulillah kami bisa mencapai apa yang ditargetkan KONI Medan di cabor tarung derajat menjadi juara umum. Ini kerja yang solid dan berterima kasih kepada KONI Medan yang memerhatikan kami dalam pembinaan atlet. Ada 2 atlet Medan yang mendapat tiket PON, Farhan dan Nasiruddin besar harapan saya atlet-atlet ini bisa meraih emas seperti di PON Papua lalu," kata Bobby.

3. Juara Porprov akan masuk kandidat pelatda

Medan Pastikan Juara Umum Tarung Derajat Porprov SumutFarhan Attamamil meraih emas Porprov Sumut 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Ketua Pengprov Kodrat Sumut, Tasimin juga bersyukur pelaksanaan porprov cabor tarung derajat berjalan lancar tanpa kendala. Apalagi muncul banyak potensi atlet baru.

"Tumbuh berbagai atlet baru dari berbagai pengcab. Merata perolehan medali. Hampir semua kabupaten pulang bawa medali emas. 20 Pengcab mengirimkan atlet, jadi pembibitan pengkaderan berjalan. Bahkan atlet-atlet pelatda juga bisa kalah dari non pelatda. Ini positif menurut saya karena perkembangannya dinamis," kata Tasimin.

"Kita punya tekad mengantarkan tarung derajat menjadi juara umum PON. Kita akan latihan maksimal dengan pembibitan serta pemusatan latihan serta para juara Porprov ini menjadi kandidat untuk dipelatdakan. Tapi kita tidak ingin juaranya saja, tapi ada pelapisnya sehingga pemain tidak merasa puas," pungkasnya Tasimin.

Baca Juga: Porprov: Peraih Emas dan Perak Tarung Derajat PON Gak Mau Sesumbar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya