Sejarah Tercipta, Asahan Sabet Emas Sepak Bola Porprov Sumut 2019

Medan dan Labura berebut perak

Medan, IDN Times - Tim sepak bola Asahan untuk pertama kalinya sukses meraih emas cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprov Sumut) 2019. Kemenangan 2-0 atas Dairi di Stadion Mini USU, Rabu (26/6) cukup untuk memboyong emas.

Asahan mengoleksi 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Sebelumnya mereka menumbangkan Medan (2-1), Labura (4-0) dan ditahan imbang Binjai (0-0).

Medali perak akan menjadi rebutan Kota (6 poin) Medan dan Labura (4 poin). Hasil itu didapat setelah Labura meraih kemenangan 5-2 atas Binjai di Stadion Mini USU, Rabu (26/6). Medan pun akan bentrok dengan Labura pada Jumat (28/6).

Baca Juga: Asahan di Ambang Emas Sepak Bola Porprov Sumut, Medan Butuh Keajaiban

1. Rama Setiawan borong dua gol

Sejarah Tercipta, Asahan Sabet Emas Sepak Bola Porprov Sumut 2019IDN Times/Doni Hermawan

Asahan tampil mendominasi pada laga penentuan tersebut. Mengandalkan Andriansyah, Rama Setiawan dan Faisal di depan, mereka langsung menggempur pertahanan Dairi.

Gol pembuka baru lahir pada menit ke-24 lewat Rama Setiawan. Rama Setiawan kembali menjadi momok bagi pertahanan Dairi. Berselang tujuh menit, Rama kembali membobol gawang Dairi. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Dairi coba memberi perlawanan. Beberapa peluang mereka ciptakan, namun belum mampu menggetarkan jala Asahan yang dikawal Raja Khatulistiwa. Di sisa waktu, kedua tim terus berupaya mencetak gol. Namun hingga laga usai, skor 2-0 tidak berubah untuk kemenangan Asahan.

2. Ukir sejarah manis

Sejarah Tercipta, Asahan Sabet Emas Sepak Bola Porprov Sumut 2019IDN Times/Doni Hermawan

Pelatih Asahan Abdul Rahman Marasebessy mengatakan anak asuhnya bermain sesuai instruksi. "Para pemain menjalankan strategi dengan baik. Saya sangat puas atas kemenangan ini karena memang kami menargetkan emas," kata Marasebessy.

Sementara itu Ketua KONI Asahan, Nur Karim Nehe mengapresiasi capaian positif tim sepak bola Asahan. Emas yang didapat merupakan pertama kalinya.

"Ini sejarah bagi Asahan. Untuk pertama kalinya kami meraih emas sepak bola. Mudah-mudahan kami juga bisa mendulang emas dari cabor-cabor lain," kata Nehe.

3. Buah dari pembinaan

Sejarah Tercipta, Asahan Sabet Emas Sepak Bola Porprov Sumut 2019IDN Times/Doni Hermawan

Ketua Askot PSSI Asahan, Armen Margolang SP, mengaku bersyukur tim sepak bola binaannya membuat sejarah baru menjuarai Porprov Sumut 2019. Ini membuktikan pembinaan sepak bola di Asahan berjalan dengan baik dengan melahirkan pemain-pemain berkualitas.

"Dengan sejumlah prestasi yang sudah diraih, Asahan membuktikan sebagai daerah yang paling sukses melakukan pembinaan sepak bola di Sumut. Sebelumnya Asahan menjuarai Piala Soeratin U-15 Provinsi Sumut tahun 2018 dan menjadi juara di tingkat Nasional," ujar Armen.

Sebelumnya Sepakbola Asahan juga mengukir prestasi internasional dengan menjuarai turnamen Singa Cup tahun 2017 di Singapura dan runner-up turnamen internasional di Barcelona. "Sejumlah prestasi itu tentu tidak terlepas dari peran dan dukungan berbagai pihak, khususnya pelatih maupun pembina SSB dan klub sepakbola di Asahan yang sudah melakukan pembinaan pemain. Dalam hal ini Askab PSSI Asahan mengucapkan terima kasih," ucap Armen.

Baca Juga: Raih 32 Emas, Medan Puncaki Klasemen Medali Sementara Porprov Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya