Comscore Tracker

PON 2021: Sejarah! Pertama Kali Tarung Derajat Sumut Raih Emas

Farhan Attamamil kalahkan petarung tuan rumah Papua

Medan, IDN Times - Sumatra Utara akhirnya menambah medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Adalah Farhan Attamamil dari cabang olahraga tarung derajat  yang berhasil mempersembahkan emas, Selasa (12/10/2021).

Farhan yang bertanding di Kelas 61-64 Tarung Bebas Putra mengalahkan atlet tuan rumah. Sebelumnya Risky Firdaus menyumbangkan medali perak.

Baca Juga: PON 2021: Sumut Tambah Dua Medali Perak dari Cabor Atletik

1. Sejarah bagi tarung derajat Sumut

PON 2021: Sejarah! Pertama Kali Tarung Derajat Sumut Raih EmasAtlet Sumut Farhan Attamamil meraih medali emas kelas 61-64 Kg Putra PON Papua XX (Dok.PB PON Papua/Muhammad Yamin)

Medali emas ini menjadi sejarah bagi tarung derajat Sumut. Soalnya ini kali pertama tarung derajat menyumbang medali emas.

Ketua Pengurus Kota Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Pengkot Kodrat) Kota Medan, Bobby Oktavianus Zulkarnain mengaku bangga dengan capaian Farhan yang merupakan atlet kota Medan.

“Alhamdulillah, perjuangan kami akhirnya meraih hasil. Atlet kita Farhan mempersembahkan medali emas. Ini sejarah bagi olahraga tarung derajat Sumut khususnya Kota Medan, karena ini medali emas pertama kita dari arena PON,” kata Bobby.

2. Keberhasilan Farhan jadi motivasi bagi atlet Medan lainnya

PON 2021: Sejarah! Pertama Kali Tarung Derajat Sumut Raih EmasDua atlet tarung derajat Sumut di PON Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Bobby pun mengatakan, keberhasilan ini tak terlepas dari peran serta dan dukungan semua pihak yang selama ini terlibat dalam pembinaan. Terutama sang pelatih.

“Kami berterima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak khususnya insan tarung derajat. Mulai dari KONI Sumut, Pengprov Kodrat Sumut, KONI Kota Medan, kakang dan teteh para pembina dan pelatih yang utamanya saya sampaikan kepada Firmansyah Putra selaku orang yang sedari awal menggembleng Farhan menjadi atlet tarung derajat. Juga tentunya kedua orang tua Farhan, Muhammad Arif dan Nurhamidah Lubis,” papar Bobby.

Dia berharap akan banyak lagi atlet kota Medan yang berhasil. “Semoga ke depan Kodrat Kota Medan dapat melahirkan lebih banyak lagi atlet potensial seperti Farhan yang meraih prestasi pada berbagai event nantinya,” demikian Bobby.

3. Keluarga terharu atas keberhasilan Farhan

PON 2021: Sejarah! Pertama Kali Tarung Derajat Sumut Raih EmasAtlet Sumut Farhan Attamamil meraih medali emas kelas 61-64 Kg Putra PON Papua XX (Dok.PB PON Papua/Muhammad Yamin)

Ayah Farhan, Muhammad Arif yang dihubungi melalui pengurus Kodrat Medan juga mengaku bangga dan haru anaknya berhasil mempersembahkan medali emas bagi kontingen Sumut.

“Saya dan seluruh keluarga sangat bangga sekali. Untuk itu kami menghaturkan rasa terima kasih kami kepada pemerintah daerah, KONI serta pembina olahraga tarung derajat yang telah menempa anak saya hingga berhasil seperti sekarang ini," bebernya.

Ke depan atlet Kodrat Medan akan mempersiapkan diri untuk ajang lainnya. Terkhusus PON 2024 Sumut-Aceh.

"Jangan pernah bermalas-malasan dalam berlatih, ayo semangat Sebab keahlian mu dalam menggeluri cabor tarung derajat, merupakan harapan besar bagi warga Sumut khususnya keluarga besar Kodrat dalam merajut prestasi nantinya," pungkasnya mengakhiri. ()

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya