Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di Bali

PJSI Sumut besyukur bisa difasilitasi KONI Sumut

Medan, IDN Times- Empat atlet judo Sumatra Utara kategori kata (seni gerak) dikirim untuk berlatih di Bali. Mereka adalah Fadli Ardiansyah Manik, Krisjon Simorangkir (nage no kata) dan Redinda Syahira dan Mutiara Sinaga (ju no kata). Mereka merupakan atlet yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Bali.

Mereka sudah tiba di Bali sejak Rabu (16/8/2023). Ketua Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara Muhammad Arief Fadhillah bersyukur para atlet bisa difasilitasi KONI Sumut untuk berlatih di Bali.

"Kita pilih Bali karena di sana ada Sinsei Tsuneo Sengoku yg merupakan pelatih Kata terbaik di Indonesia. Jadi kami sangat berterima kasih kepada KONI Sumut yang telah memfasilitasi atlet bisa berlatih di sana," kata Arief, Jumat (18/8/2023).

1. Diharapkan bisa memertajam teknik dan akan diterjunkan ke Kasad Cup

Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di BaliAksi dua pejudo Sumut kategori ju no kata saat Kejurnas Kata di Bandung akhir Juli 2023 lalu (IDN Times/Doni Hermawan)

Menurutnya dengan berlatih di Bali, diharapkan para atlet bisa meningkatkan kemampuannya dalam judo kategori kata ini. Sehingga judo Sumut tak hanya mengandalkan atlet untuk kategori tarung saja.

"Sejauh ini dalam kejurnas KATA kemaren kita menempati peringkat 8 secara nasional padahal baru 2 bulan berlatih. Semoga dengan berlatih di dojo sensei Tsengoku ini bisa lebih mempertajam teknik mereka," kata Arief.

Dia berharap hasil latihan nanti bisa ditunjukkan saat bertanding di Kasad Cup yang rencananya digelar September. "Paling tidak kita menargetkan medali," tambahnya.

Baca Juga: Atlet Judo Sumut Raih 5 Medali Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Kata

2. Atlet akan berlatih sebulan di Bali

Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di BaliAksi dua pejudo Sumut kategori nage no kata saat Kejurnas Kata di Bandung akhir Juli 2023 lalu (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Sekretaris PJSI Sumut Josef Yus yang juga pelatih pelatda judo Sumut diutus untuk mendampingi atlet. Josef mengatakan di Bali, pada latihan perdana atlet dibimbing langsung Sensei Sengoku.

"Latihan perdana di Sengoku Internasional Judo Hall ,Ginanjar Bali, langsung di bawah bimbingan Sensei Sengoku," katanya.

Dia berharap para atlet bisa berlatih dengan serius dan disiplin dan tak menyia-nyiakan kesempatan berlatih di Bali. "Kita harapkan selama sebulan di Bali ini atlet menunjukkan progres," pungkas Josef.

3. Sebelumnnya tim kata judo Sumut debut perdana di Kejurnas Kata di Bandung

Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di BaliAksi dua pejudo Sumut kategori nage no kata saat Kejurnas Kata di Bandung akhir Juli 2023 lalu (IDN Times/Doni Hermawan)

Sebelumnya tim nage no kata dan ju no kata Sumut debut perdana pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kata di Bandung, Jawa Barat pada akhir Agustus. Saat itu meski gagal meraih medali, Sumut menembus peringkat 8 dan mampu mengungguli tim-tim lain, terutama di Sumatra. Sementara peraih medali untuk nage no kata adalah para langganan juara di PON.

Untuk nage no kata emas diraih Jawa Timur yang diperkuat Suliswanto/Embun Cahyono, peraih perak PON Papua. Sementara peraih emas PON Papua Wairifer Bakwab/Yewi Agus Sudjatmino harus puas meraih perunggu setelah hanya menempati urutan keempat. Urutan kedua dan ketiga dihuni DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Sementara untuk ju no kata, emas diraih Ni Made Sukerti dan Ni Nyoman Suwitri dan Provinsi Bali.

Baca Juga: 67 Peserta Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Kyu Judo Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya