Atlet Judo Sumut Raih 5 Medali Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Kata

Sumut raih 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu kategori mahasiswa

Bandung, IDN Times- Atlet judo Sumatra Utara meraih tiga medali untuk kategori mahasiswa di ajang Kejuaraan Nasional Mahasiswa Pelajar-Mahasiswa dan Kata di Gymansium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung yang berakhir Minggu (30/7/2023). Sumut meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Total Sumut meraih 1 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu jika digabung dengan kategori pelajar.

Medali emas diraih pejudo putri Sumut Helena Susyen di kelas -78 kg, sementara perak diraih Willy Pratama di kelas -90 kg dan perunggu diraih Winner Felix Panggabean di kelas -66 kg.

1. Perjalanan meraih medali

Atlet Judo Sumut Raih 5 Medali Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan KataAksi Helena Susyen di Kejurnas Mahasiswa yang digelar di Gymnasium UPI Bandung, Minggu (30/7/2023) (Dok.PJSI Sumut)

Mahasiswa STOK Bina Guna itu menumbangkan Tiara Shina Firstylia, pejudo asal DKI Jakarta di final. Sebelumnya di semi final dia menumbangkan Dian Amanda Putri.

Sumut sebenarnya berkesempatan meraih emas di kelas -90 kg putra lewat Willy Pratama. Namun di final Willy harus tumbang dari Mayza Tyas Nugraha.

Willy menumbangkan Muhammad Alfian Syahroni, dan Renraku Arrasy. Sementara di kelas -66 kg, Winnner Felix Panggabean meraih medali perunggu.

Winner sebelumnya menghadapi Waliyuddin Nur dan lolos ke sem final. Di semi final Winner bersua peraih medali perunggu SEA Games 2023. Winner bisa mengimbangi seniornya di pelatnas itu dan duel berlangsung ketat hingga 10 menit (golden score). Masing-masing tak mendapat nilai, namun Winner harus kalah karena hukuman.

Di perebutan tempat ketiga, mahasiswa STOK Binaguna Medan itu tanpa kesulitan menumbangkan Satrio Judo Heryawan.

Baca Juga: Kejurnas Judo Pelajar, Sumut Raih 1 Perak dan 1 Perunggu

2. Tim ju no kata juga catatkan debut di Kejurnas

Atlet Judo Sumut Raih 5 Medali Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan KataAksi Winner Felix Panggabean di Kejurnas Mahasiswa yang digelar di Gymnasium UPI Bandung, Minggu (30/7/2023) (Dok.PJSI Sumut)

Sementara di Kejurnas Kata, Sumut juga perdana menurunkan tim Ju No Kata (seni gerak perempuannya) di kejurnas. Sumut diperkuat Mutiara Ocean Sinaga dan Redinda Syahira. Hasilnya Sumut menempati posisi 8 dari 14 kontestan dengan 297 poin. Medali emas diraih Bali, perak Jawa Tengah dan Jawa Barat dan Papua perunggu.

Ketua Umum Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah mengatakan bersyukur dengan hasil ini meskipun belum puas.

"Sebenarnya peluang kita tadi meraih 3 emas, tapi sayangnya lepas. Helena Susyen sudah kembali meraih emas setelah gagal di Kejurwil. Pejudo kita di pelatnas Winner juga sebenarnya tadi bisa mengimbangi seniornya yang sudah berlaga di SEA Games dan Asian Games. Tapi sayangnya kalah karena hukuman saja. Sementara Willy juga ada perkembangan dengan meraih perak," katanya

3. Sumut selanjutnya targetkan Kasad Cup

Atlet Judo Sumut Raih 5 Medali Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan KataAksi tim Sumut untuk ju no kata di Kejurnas Mahasiswa yang digelar di Gymnasium UPI Bandung, Minggu (30/7/2023) (Dok.PJSI Sumut)

Dengan total meraih 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu, menurut Arief menjadi modal mematangkan diri untuk PON 2024.

"Yang pasti dengan kita menurunkan atlet kita di Kejurnas ini menambah jam terbang mereka. Termasuk atlet kata kita yang baru perdana turun di kejurnas ini. Artinya Persiapan kita berada di trek yang benar," katanya.

Selanjutnya Sumut menargetkan akan turun di Kasad Cup dan meraih prestasi yang lebih baik. Apalagi itu jadi salah satu agenda try out untuk persiapan PON 2024.

"Empat atlet kita yang sebelumnya kita titipkan berlatih di pelatnas selain dua atlet yang memang dipanggil akan kita perpanjang sampai 2 bulan ke depan. Selanjutnya kita targetkan untuk berprestasi di Kasad Cup akhir tahun ini," pungkasnya.

Baca Juga: 11 Atlet Pelatda Judo Sumut Ikuti Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Kata

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya