11 Atlet Pelatda Judo Sumut Ikuti Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan Kata

Termasuk agenda try out PJSI Sumut hadapi PON 2024

Medan, IDN Times- Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara menerjunkan atletnya mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pelajar, Mahasiswa dan Kata di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat 27-30 Juli 2023. Ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi PON 2024.

PJSI Sumut menurunkan 11 atlet pelatda untuk PON 2024. Termasuk yang saat ini menghuni pelatnas, Winner Felix Panggabean. Winner akan turun di kategori mahasiswa di kelas -66 kg.

Sementara itu atlet Sumut lain yang turun di kategori mahasiswa adalah Willy pratama (-90 kg), Febby Landa Marlina (-45 kg) dan Helena Susyen (-78 kg).

1. Atlet-atlet pelatnas juga akan turun

11 Atlet Pelatda Judo Sumut Ikuti Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan KataWinner Felix Panggabean meraih emas setelah menumbangkan Galan Taslim di final -66 kg pada Kejurwil Judo Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Minggu (4/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Untuk kategori pelajar Sumut menurunkan Nicolas Marbun (-55 kg), Daffa Maulana Putra (-66 kg) dan Renaldi Parhusip (-60 kg).

Selain itu untuk kejurnas Kata atau seni gerak, Sumut menurunkan empat atlet untuk berpasangan. Di kelas nagenokata (putra) menurunkan Fadli Ardiansyah Manik dan Krisjon Simorangkir. Sementara untuk junokata diperkuat Redinda Syahira dan Mutiara Sinaga.

Sekretaris PJSI Sumut Josef Yus mengatakan, kejurnas mahasiswa, pelajar dan kata ini, menjadi bagian dari persiapan Sumut menghadapi PON 2024. Dengan mengikuti even akan menguji kematangan atlet. Terakhir Sumut menerjunkan atletnya pada awal Juni 2023 lalu di Kejurwil Barat.

"Kejurnas ini juga akan diramaikan beberapa atlet pelatnas untuk kategori pelajar dan mahasiswa. Apalagi juga ada kejurnas kata yang persiapan kita belum lama. Jadi kita mau uji dulu mereka, istilahnya muncul dulu di even nasional sebelum PON nanti," kata Josef.

Selain itu Sumut tak bisa full menurunkan atlet pelatdanya."Gak full team karena ada yang baru daftar sekolah. Secara administrasi belum keluar," tambahnya.

Baca Juga: Persiapan PON, PJSI Sumut Kirim 4 Atletnya Berlatih di Pelatnas Judo

2. Masih meraba kekuatan pelajar dan mahasiswa di Sumut

11 Atlet Pelatda Judo Sumut Ikuti Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan KataAtlet judo PON Sumut Nicolas Abednego Marbun akan turun di Kejurnas pelajar di Bandung (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Eka Setya Wirawan Siregar mengatakan, even kejurnas pelajar dan mahasiswa ini sudah 4 tahun tidak terlaksana, Menurutnya peta kekuatan masih meraba meskipun daerah menurunkan atlet-atlet pelatdanya.

"Kejurnas mahasiswa dan pelajar ini sudah 4 tahun tidak terlaksana. Jadi kalau kacamata binpres melihat kekuatan mahasiswa pelajar dan kata sampai hari ini masih menargetkan 1 emas, 1 perak , 2 perunggu. Bisa minimal bisa maksimal jika melihat dengan materi pelajar dan mahasiswa yang ada di Sumut," kata Eka.

3. Penampilan perdana atlet kata Sumut

11 Atlet Pelatda Judo Sumut Ikuti Kejurnas Pelajar, Mahasiswa dan KataFadli Syahputra akan turun di kejurnas kata di Bandung (IDN Times/Doni Hermawan)

Mantan Pelatih Asian Games ini mengatakan, untuk kejurnas kata, pihaknya tak mau menargetkan muluk-muluk. " Target masing-masing 1 perunggu untuk dua pasang atlet kata. Persiapan Kata untuk juno baru 2 bulan. Untuk nageno kata sudah 6 bulan tapi sempat bongkar pasang atlet," bebernya.

Saat ini skuat judo Sumut sudah tiba di Bandung sejak Kamis (27/7/2023) pagi setelah melalui perjalanan udara. Mereka akan mulai bertanding mulai Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga: Bidik 4 Emas PON 2024, Taekwondo akan Kirim Atlet Berlatih ke Korea

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya