Bidik 4 Emas PON 2024, Taekwondo akan Kirim Atlet Berlatih ke Korea

Taekwondo juga datangkan pelatih Korea

Medan, IDN Times- Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara, cabang olahraga taekwondo bersiap. Pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara percaya diri bisa meraih empat emas di ajang olahraga empat tahunan itu. 

"Target kita 4 emas, 4 perak dan 7 perunggu.Target itu tentunya bukan asal kita buat, melainkan berdasarkan hasil yang dicapai atlet kita dari beberapa kejuaraan yang diikuti seperti Kejurnas dan lainnya," kata Kabid Binpres TI Sumut Rahma Dewi di Medan.

1. Sebanyak 24 atlet mengikuti pelatda

Bidik 4 Emas PON 2024, Taekwondo akan Kirim Atlet Berlatih ke KoreaPengurus Taekwondo Indonesia (TI) Sumut membeberkan persiapan PON 2024 (Dok.Istimewa)

Saat ini pelatda taekwondo diperkuat 24 atlet. Mereka sudah memulainya sejak 2021  di GOR Cemara Asri, baik teknik maupun fisik. Nantinya akan ada penambahan 2 atlet lagi.

"Latihan teknik kita digelar di GOR Cemara Asri dan fisik di Unimed. Kuota kita 26 atlet. Jadi kita masih mencari dua atlet lagi untuk putri kelas 62 kg dan 46 kg agar kuota itu terpenuhi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah kita dapatkan nama-namanya," kata Rahma.

Baca Juga: Demi Target Satu Emas PON 2024, Squash Bidik TC ke Luar Negeri

2. Akan kirim atlet berlatih ke Korea

Bidik 4 Emas PON 2024, Taekwondo akan Kirim Atlet Berlatih ke KoreaPengurus Taekwondo Indonesia (TI) Sumut membeberkan persiapan PON 2024 (Dok.Istimewa)

Selain latihan intensif, uji coba ke luar daerah juga digeber. Termasuk ke Jakarta dan Jawa Barat. Dua daerah itu dinilai punya atlet-atlet berkualitas, terutama di level pelatnas.

"Kita nantinya juga akan mengirim sejumlah atlet untuk berlatih di Korea. Mengenai kapan berangkatnya masih kita koordinasikan dengan KONI Sumut. Dengan berlatih langsung ke Korea diharapkan teknik atlet kita dapat semakin baik," katanya.

3. Pelatih dari Korea juga akan segera datang

Bidik 4 Emas PON 2024, Taekwondo akan Kirim Atlet Berlatih ke KoreaDok.IDN Times/istimewa

Sementara Sekretaris TI Sumut Suharwan mengatakan saat ini kekuatan taekwondo di Indonesia cukup merata. Selain DKI Jakarta dan Jawa Barat, juga ada Jawa Timur yang dianggap jadi saingan terberat meraih medali. 

"Kekuatan cukup merata dan kompetitif. Namun dengan kekuatan atlet yang ada saat ini, kami cukup optimistis bisa meraih hasil maksimal. Kita juga berencana nanti akan mendatangkan pelatih dari Korea," pungkasnya.

Baca Juga: Istilah-istilah Penting dalam Taekwondo, Jangan Lupa Dicatat, Ya!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya