Pebulu Tangkis Medan Ini Disebut Layak Gantikan Greysia Polii

Nama Yulfira Barkah disebut-sebut kandidat dampingi Apriyani

Medan, IDN Times - Keberhasilan Greysia Polii meraih emas Olimpiade 2020 membuat isu dirinya bakal pensiun semakin kencang. Setelah mencapai targetnya itu, Greysia yang sudah berusia 33 tahun disebut akan fokus bersama keluarga karena sudah menikah.

Lantas siapa yang cocok mendampingi Apriyani Rahayu untuk melanjutkan supremasi ganda putri?

Beberapa kandidat dicuatkan. Salah satunya pebulu tangkis asal Medan, Yulfira Barkah yang disebut bersama dua pebulu tangkis PB Djarum, Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto.

1. Nama Yulfira dicuatkan PB Djaya Raya

Pebulu Tangkis Medan Ini Disebut Layak Gantikan Greysia PoliiYulfira Barkah (kiri) dalam Mola TV PBSI Home Tournament (Dok. IDN Times/PBSI)

Adalah PB Jaya Raya yang mengembuskan nama Yulfira ke permukaan. Pebulu tangkis asal Medan ini juga saat ini di pelatnas. Dia sebelumnya berlatih di PB Mutiara Cardinal. Selain itu mereka masih berusia 23 tahun.

“Saya lihat lagi juga ada yang berasal dari klub Mutiara, yaitu Yulfira Barkah. Menurut saya, itu dia jangan sampai terlambat (naik kelas). Karena kalau terlambat sayang jadi hilang. karena dulu waktu masih junior bagus-bagus gitu,” ucap Ketua PB Jaya Raya, Imelda 3 Agustus 2021 lalu.

 

Baca Juga: Berjaya di Spanyol, Yulfira Barkah Dapat Tali Asih dari PBSI Sumut

2. Yulfira baru raih gelar juara Spain Masters 2021

Pebulu Tangkis Medan Ini Disebut Layak Gantikan Greysia PoliiYulfira Barkah dan Febby Valencia Dwijayanti menangkan medali emas di Spain Master 2021 (Instagram @Yulfirabarkah)

Yulfira baru-baru ini berprestasi dengan meraih gelar juara Spain Master pada Mei 2021 lalu. Yulfira berpasangan dengan Febby Dwijayanti.

Mereka mengalahkan unggulan pertama asal Denmark, Amalie Magelund/Freja dengan kemenangan straight game 21-16, 21-14.

Kemenangan itu membuat mereka naik dari peringkat 409 dunia ke peringkat 127 dunia. Sebelum dengan Febby, ia berpasangan dengan Jauza Fadhila Sugiarto, putri dari Icuk Sugiarto.

"Alhamdulillah kami bisa keluar sebagai juara. Kami tidak menyangka bisa juara karena ini baru pertandingan (turnamen) kedua saya dengan Febby," kata Yulfira.

3. Yulfira berawal dari PB Deli Raya Medan

Pebulu Tangkis Medan Ini Disebut Layak Gantikan Greysia PoliiIDN Times/PBSI

Yulfira sendiri mengawali kariernya sejak junior di PB Deli Raya Medan. Saat mengikuti kejuaraan di Bali, bakat pebulu tangkis kelahiran 4 Februari 1998 ini dilirik Mutiara Cardinal Bandung yang menawarinya bergabung. Fira,sapaan akrabnya pun menyetujuinya dan melanjutkan pendidikan di Bandung.

Dari situ dia meraih berbagai gelar juara. Mulai dari Kejuaraan Junior Master 2013, Kejuaraan Beregu Junior Pembangunan Jaya Cup 2015, hingga masuk pelatnas pada event Asia Junior Championships 2015 di Bangkok, Thailand.

 

Baca Juga: Yulfira Barkah Berharap Olahraga Badminton Diperhatikan Pemerintah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya