Comscore Tracker

Ocha Simanjuntak, Gadis Simalungun yang Menembus SEA Games di Filipina

Pernah meraih medali emas di Rusia dan Myanmar

Simalungun, IDN Times - Rosalina Simanjuntak, gadis asal Janggir Leto, Kabupaten Simalungun saat ini sedang bertarung di Kejuaraan Olahraga tingkat Asia Tenggara, SEA Games 2019 di Filipina. Gadis kelahiran 1996 itu membawa nama Indonesia di olahraga Wushu.

Janggir Leto merupakan salah satu nagori atau kelurahan di Kabupaten Simalungun yang berjarak 20,9 km ke Raya, Ibu kota Kabupaten Simalungun. Untuk menuju Ibu kota Provinsi, Medan harus menempuh jarak 133,5 km.

Ocha, sapaan akrabnya bercerita, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah, turut mengantar saat acara pelepasan atlet asal Sumut yang akan terbang ke Filipina di Century Hotel Senayan, Jakarta, Rabu 27 November 2019 lalu.

1. Menargetkan bawa pulang medali emas

Ocha Simanjuntak, Gadis Simalungun yang Menembus SEA Games di FilipinaRosalina Simanjuntak atlet SEA Games asal Simalungun (Dok.IDN Times/istimewa)

Buah hati dari pasangan Parulian Simanjuntak dan Elvrida boru Sihombing itu menyampaikan terimakasih atas dukungan Gubernur dan rombongannya. Terlebih ia meminta dukungan doa pada warga Indonesia terutama warga Kabupaten Simalungun.

"Terpilih sebagai salah satu atlet yang membela Indonesia, aku bertekad akan berjuang memberikan yang terbaik dan doakan saya bisa membawa pulang medali emas," katanya melalui pesan singkat, Sabtu (30/11).

Baca Juga: Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2019 Diraih Tim Polo Air Putra 

2. Ocha dipersiapkan selama 2 bulan di Tiongkok

Ocha Simanjuntak, Gadis Simalungun yang Menembus SEA Games di FilipinaOcha bersama Menpora (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebelum berangkat ke Filipina, Ocha mengaku telah 100 persen mempersiapkan diri. Di mana sebelumnya, para atlet Wushu, kata dia telah digembleng latihan selama 2 bulan di Tiongkok.

Selain persiapan diri, Ocha juga berharap dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Simalungun, agar ia mampu kembali mengharumkan daerah dengan semboyan 'Habonaron Do Bona' itu.

"Dukungan orangtua dan doa-doa warga Kabupaten Simalungun. Semoga saya bisa menambah medali," harap Ocha.

3. Perjalanan karir Rosalina Simanjuntak

Ocha Simanjuntak, Gadis Simalungun yang Menembus SEA Games di FilipinaOcha (kanan) bersama Ketua KONI Sumut, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Rosalina Simanjuntak lulus dari SD 091288 Sibaganding, Kabupaten Simalungun. Kemudian ia melanjutkan sekolah di SMP N 1 Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

Lulus dari situ, Rosalina memilih pindah ke Kota Pematangsiantar. Ia bersekolah di SMK Maria Goretti, Kota Pematangsiantar. Saat di SMK Maria Goretti, Rosalina pertama sekali mengenal olahraga Wushu.

Untuk atlet yang tergolong masih junior, Ocha cukup banyak meraih penghargaan, mulai tingkat nasional sampai internasional. Ocha pernah meraih emas PON Jawa Barat XIX 2016, medali emas kejuaraan Moscow Wushu Star 2018 di Rusia.

Ocha juga serta menyumbang medali emas untuk Indonesia pada ASEAN University Games ke -XIX di Naypyidaw, Myanmar, pada tahun 2018. Saat ini Ocha menempuh pendidikan di Fakultas Olahraga Universitas Negeri Medan.

Baca Juga: SEA Games 2019, Ini Para Srikandi Indonesia yang Siap Raih Medali

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya