Misi Sofyan Bawa Pulang Emas Tenis Meja dari Bumi Cenderawasih

Sumut targetkan dua emas dari tenis meja

Medan, IDN Times - Ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua tiba. Para atlet mempersiapkan diri untuk meraih prestasi.

Salah satunya Sofyan, atlet tenis meja kursi roda Sumut. Sofyan mengusung misi besar untuk meraih medali emas. Jauh-jauh dari Barat, Sofyan gak mau pulang dengan tangan hampa dari Timur. 

“Target saya sebisa mungkin medali emas Insya Allah. Karena memang sudah latihan betul – betul sejak bulan januari 2021,” ujar Sofyan, Kamis (4/11/2021).

1. Masuk kategori atlet elit, Sofyan sudah mempersiapkan diri dengan matang

Misi Sofyan Bawa Pulang Emas Tenis Meja dari Bumi CenderawasihKontingen tenis meja Sumut di Peparnas (Dok.IDN Times/istimewa)

Pria kelahiran 12 September 1987 itu sudah siap menghadapi lawan-lawan kuat dari provinsi lain. Berbicara selama kesiapan di daerah, peraih perunggu di Asia Championship 2019 ini mengaku dalam kondisi sehat dan nyaman setelah tiba di Jayapura. Sofyan yang juga masuk dalam kategori atlet elite ini juga akan tampil lepas dan percaya diri.

“Latihan pagi dan sore, dan semua kebutuhan kami sudah dikasih NPC Sumut jadi harus betul – betul memenuhi target. Semua sudah lengkap, aman, dan nyaman,” ucapnya.

Baca Juga: Tiba di Papua, Kontingen Peparnas Sumut Disambut Lagu Anak Medan

2. Sofyan berprestasi di berbagai ajang nasional tenis meja

Misi Sofyan Bawa Pulang Emas Tenis Meja dari Bumi CenderawasihKontingen Peparnas Sumut tiba di Papua, Rabu (3/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Diakui Sofyan perjalanan cukup melelahkan dari Medan ke Papua, namun anak kedua dari emapt bersaudara itu sudah memulihkan diri. Masih ada jeda dua hari sebelum pertandingan.  “Persiapan sudah betul – betul matang, tinggal pemulihan kondisi karena lelah dalam perjalanan kemarin.  tapi, sudah siap tempur insya Allah,” yakin Sofyan.

Sofyan merupakan satu dari empat atlet tenis meja Sumut yang berlaga di Peparnas 2021. Sejumlah prestasi diukir Sofyan mulai dari Peparnas 2016 dengan satu perak dan perunggu. Kemudian kejurnas 2017 di Jawa Barat dua emas, kejurnas 2019 juga dua emas, dan terakhir medali perunggu di Asia Championship 2019.

3. Pelatih yakin tenis meja bisa sumbangkan 2 medali emas dan dua perak

Misi Sofyan Bawa Pulang Emas Tenis Meja dari Bumi CenderawasihSofyan atlet tenis meja Sumut di Peparnas 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu  Pelatih para tenis meja Sumut, M Ridwan mengaku optimis minimal dua medali emas dan dua perak bisa dibawa pulang dari tanah cenderawasih. Termasuk dari Sofyan.

Target ini juga berkaca dari hasil evaluasi dan penilaian pelatih selama atletnya menjalani pemusatan latihan secara totalitas selama satu tahun.

“Persiapan selama satu tahun ini, kita sudah gelar selekda dan yang lolos ada 4 atlet. Salah satunya Hendri yang bermain di T3 putra adalah atlet pertama kali tampil di Peparnas. Mudah – mudahan kita berharap dari dia ada buat kejutan,” ucap pelatih yang akrab disapa pak Ang itu, Rabu (3/11/2021).

Begitupun Pak Ang tetap optimis target yang diemban bisa melebihi espektasi tim pelatih. Meski sejumlah pesaing juga dinilai bakal sengit, namun Ang tetap yakin target tersebut bisa terwujud. Terlebih saat ini mental Sofyan dkk dalam kepercayaan diri yang tinggi.

“Jabar dan Jateng itu memang terandal dari dulu. Memang mereka dihuni atlet yang bagus. Tapi, walau mereka bagus, kita harus lebih bagus dari mereka di Papua ini,” ucap Ang.

Baca Juga: Diperkuat Atlet Paralimpiade, Atletik Sumut Siap Dulang Emas Peparnas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya