Diperkuat Atlet Paralimpiade, Atletik Sumut Siap Dulang Emas Peparnas

Atletik targetkan 24 emas di Papua

Medan, IDN Times- Cabang atletik menjadi salah satu andalan Sumatra Utara mendulang medali emas di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021/XVI di Papua. Atletik akan memulai perlombaan pada 6 November di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Atletik akan coba mengulangi prestasinya pada Peparnas 2016 lalu. Hal itu disampaikan Pelatih atletik Sumut, Hardodi Sihombing.

Menurut Hardodi, para atlet dalam kondisi bagus meski baru menjalani perjalanan panjang. “Saya kira kondisi anak – anak sudah siap perang (bertanding), dengan pelatda penuh juga selama dua bulan,” ujar Hardodi, Kamis (4/11/2021).

1. Atletik Sumut targetkan 24 emas

Diperkuat Atlet Paralimpiade, Atletik Sumut Siap Dulang Emas PeparnasPutri Aulia bersama Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (dua dari kiri) (instagram/putriiauliiaa)

Terkait target medali, pria yang akrab disapa Dodi ini mengaku harus lebih baik dari pencapaian Peparnas Jawar lalu yakni 19 emas. Minimal 24 emas bisa diukir oleh atlet para atletik.

“Target realistis kita tentu ingin lebih baik dari Peparnas tahun lalu. Kalau tahun 2016 di Jawa Barat kita meraih 19 emas, tahun ini minimal 24 emas. Apalagi kekuatan kita bertambah dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga: Tiba di Papua, Kontingen Peparnas Sumut Disambut Lagu Anak Medan

2. Ada perbedaan klasifikasi pertandingan bagi atlet pelatnas

Diperkuat Atlet Paralimpiade, Atletik Sumut Siap Dulang Emas PeparnasKontingen atletik Sumut yang akan bertanding di Peparnas Papua (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada Peparnas tahun ini, panitia juga memberlakukan adanya perbedaan klasifikasi pertandingan bagi atlet elit yang kini menghuni pelatnas. Meski begitu, Hardodi tidak ingin berharap lebih kepada atlet pelatnas. Justru, atlet muda yang menjadi pelapis kedua dan ketiga diharapkan bisa persembahkan emas.

“Dari statistik medali sebenarnya ada sedikit kerugian dengan adanya peraturan atlet elit, apalagi lumbung medali emas kita sebelumnya melalui atlet elit. Tapi, kita gak boleh berharap dari pelatnas. Ini juga banyak atlet baru dan bisa membuat gebrakan terutama atlet pelapis yang dipersiapkan NPC Sumut jauh – jauh hari,” ujarnya.

3. Atletik diperkuat 29 atlet termasuk beberapa penghuni Pelatnas

Diperkuat Atlet Paralimpiade, Atletik Sumut Siap Dulang Emas PeparnasPutri Aulia berpose di logo Paralimpiade Tokyo 2020 (instagram/putriiauliiaa)

Sumut diperkuat 29 atlet. Beberapa di antaranya masuk kategori atlet elit karena menghuni Pelatnas. Termasuk Putri Aulia yang ikut bertanding pada Paralimpiade 2020 lalu di Tokyo.

Selain itu ada Alan Sastra Ginting yang notabene Ketua NPC Sumut, Riadi Syahputra, Eko Saputra, Nina Gusmita, serta Nur Fefry Pradana.

“Ada atlet yang belum pernah berlaga di Peparnas sudah menembus bahkan melebihi limit catatan pelatnas. Makanya kita berharap mereka bisa tampil maksimal nanti,” pungkas Dodi.

Baca Juga: Tiba di Papua, Kontingen Peparnas Sumut Disambut Lagu Anak Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya