Misi Judo NPC Sumut Ulangi Kesuksesan Peparnas Empat Tahun Lalu

Judo targetkan maksimal empat emas

Medan, IDN Times- Cabang olahraga judo menjadi salah satu andalan dari Sumatra Utara untuk mendulang medali emas di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua. Prestasi di Peparnas empat tahun lalu menjadi acuan bagi judo untuk memberikan prestasi yang lebih baik.

Pada Peparnas Jawa Barat 2016, cabor para Judo berhasil meraih tiga medali emas dan dua perunggu. Bagaimana tahun ini?

1. Tim judo targetkan tiga sampai empat medali emas

Misi Judo NPC Sumut Ulangi Kesuksesan Peparnas Empat Tahun LaluAtlet NPC Sumut targetkan borong emas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 akan dihelat di Papua November mendatang (Dok. Humas Pemprov Sumut)

 Pelatih Para Judo NPC Sumut, Darwin didampingi Asisten pelatih Riki Ramadhani mengakui jika untuk Peparnas Papua, timnya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selama di daerah, tim pelatih juga telah menguatkan fisik, stamina, dan mental bertanding mereka.

“Makanya memang untuk tahun ini, tim judo menargetkan meraih tiga hingga empat medali emas. Dan target ini semuanya bukan tanpa alasan, melainkan karena memang melihat kemampuan para atlet yang terus mengalami progres yang baik sejauh ini,” ucap Darwin.

Baca Juga: Tekad Putri Aulia Raih Emas Peparnas untuk Sumut

2. Diperkuat atlet senior dan junior

Misi Judo NPC Sumut Ulangi Kesuksesan Peparnas Empat Tahun LaluKontingen judo NPC Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Skuat judo NPC Sumut selain diperkuat atlet senior, juga ada atlet baru. Kolaborasi ini diharapkan berhasil menghadirkan prestasi.

“Untuk atlet lama terdiri atas Herman Halawa dan Junifor, sementara untuk atlet baru ada, Slamat Juanda dan Maria Alam. Tentu saya berharap, baik Herman maupun Junifor bisa berbagi pengalaman kepada atlet baru,” tambahnya.

Cabor para judo Sumut pada Peparnas tahun ini diperkuat 6 atlet, yakni Marialam Sihotang (43 kg putri), Marten Tri Putra Purba (66 kg putra), Selamat Juanda (90 kg putra), Herman Halawa (55 kg putra), serta dua atlet elit Junifor Bate E, dan Sahrul Sulaiman. 

3. Kekuatan daerah merata

Misi Judo NPC Sumut Ulangi Kesuksesan Peparnas Empat Tahun LaluOpening Ceremony Peparnas XVI Papua 2021 pada Jumat (5/11/2021). (youtube.com/Peparnas XVI Papua 2021)

Saat ini menurut Darwin kekuatan para atlet judo NPC Indonesia merata. Artinya semua daerah berpeluang. “Makanya kami tidak terlalu pikirkan itu, sehingga akhirnya menjadi beban. Bagi saya dan atlet saat ini bagaimana bisa fokus pada pertandingan, dan meraih hasil maksimal,” katanya.

Darwin mengakui jika ini sebuah kerugian bagi para judo NPC Sumut karena ada pengklasifikasian atlet elit dan non elit. Pasalnya, untuk kelas elit, mulai dari kelas kecil hingga besar digabungkan. 
 
“Artinya, judo yang berpeluang bisa mendapatkan emas lebih dari satu untuk kelas elit, tapi karena digabungkan sehingga bisa hanya meraih satu emas. Namun begitupun, kita harus terima karena ini sudah keputusan,” tambahnya. 

Baca Juga: Diperkuat Atlet Paralimpiade, Atletik Sumut Siap Dulang Emas Peparnas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya