Medan Polonia Juara Umum Cabor Judo Porkot 2023

Judo menjadi cabor pamungkas gelaran Porkot 2023

Medan, IDN Times- Kecamatan Medan Polonia memastikan diri sebagai juara umum cabang olahraga judo Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIII/2023 yang berlangsung di Padepokan Judo Sumut Jalan Gaharu Medan, Jumat (25/8/2023). Medan Polonia meraih 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Sebenarnya perolehan medali Polonia tak jauh dari Medan Amplas yang berada di tempat kedua dengan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Sementara di urutan ketiga menyusul Medan Perjuangan dengan  2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

1. Judo cabor terakhir penutup Porkot 2023

Medan Polonia Juara Umum Cabor Judo Porkot 2023Ketua KONI Medan Eddy Sibarani menyerahkan medali kepada pemenang cabor judo Porkot Medan 2023, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Berakhirnya cabor judo menjadi akhir dari Porkot Medan 2023. Penutupan dihadiri Ketua KONI Medan Eddy Sibarani dan Ketua PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah. Eddy mengatakan sejauh ini dari sepekan gelaran Porkot, banyak atlet-atlet Medan berpotensi yang nantinya bisa memerkuat Sumut di ajang-ajang bergengsi. 

“Judo merupakan salah satu cabang olahraga terakhir yang dipertandingkan pada Porkot 2023 ini, saya gembira melihat banyaknya atlet yang berbakat yang muncul dalam kejuaraan ini. Atlet-atlet yang bertanding kali adalah atlet-atlet pelapis yang kita harapkan bantinya diharapkan bisa menggantikan seniornya untuk mengharumkan nama Medan pada tingkat daerah, nasional maupun internasional,” ucap Eddy.

Baca Juga: Bobby Dukung Kejuaraan Judo Wali Kota Cup dan Hidupkan Sister City

2. KONI Medan berharap atlet judo berbakat bisa disaring untuk memerkuat Sumut ke ajang nasional

Medan Polonia Juara Umum Cabor Judo Porkot 2023Aksi dua pejudo cilik pada Porkot Medan 2023, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Menurutnya secara umum penyelenggaraan Porkot Medan XIII mengalami peningkatakan kualitas dan jumlah peserta. “Dalam cabang judo kita melihat peningkatkan kualitas atletnya,” tambah Eddy.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PJSI Sumut, Eka Setia Wirawan Siregar mengatakan sejauh ini kualitas atlet cukup merata di setiap kecamatan. Terbukti dengan perolehan medali yang tak jauh berbeda.

Dia juga melihat atlet-atlet berpotensi yang nantinya bisa menjadi atlet pelapis untuk Sumut menghadapi PON 2024.

“Nantinya, atlet berbakat ini akan kita godok agar bisa menjadi andalan PJSI Sumut pada PON 2028. Sebab itu kita merasa gembira dengan digelarnya Porkot Medan XIII,” kata Eka Setia Wirawan. 

3. Cabor judo Porkot Medan diikuti 86 atlet

Medan Polonia Juara Umum Cabor Judo Porkot 2023Para peserta judo Porkot Medan 2023 foto bersama dengan Ketua KONI Medan Eddy Sibarani, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sekum Pengkot PJSI Medan, Faisal Arief menjelaskan pertandingan cabang judo mempertandingkan 16 kelas, yakni 10 kelas putra dan 6 kelas putri.

"Judo Porkot ini diikuti 86 atlet dari 16 kecamatan. Selain itu kita juga memertandingkan pertandingan untuk usia dini. Kita berharap dengan banyak even ada atlet-atlet judo Medan berbakat yang muncul," pungkas Faisal.

Baca Juga: Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara Umum

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya