Bobby Dukung Kejuaraan Judo Wali Kota Cup dan Hidupkan Sister City

Program sister city dengan Ichikawa sudah lama vakum

Medan, IDN Times- Pengurus Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara dan Kota Medan beraudiensi dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution di Kantor Wali Kota Medan, Selasa (22/8/2023). Kehadiran PJSI Sumut untuk meminta dukungan soal rencana digelarnya kejuaraan judo internasional bertajuk Wali Kota Medan Cup.

Hal ini disampaikan Ketua Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah. "Jadi kita rencananya mau menggelar kejuaraan judo internasional. Ini sekaligus untuk uji coba jelang PON 2024. Jadi Pak Bobby sepakat dan mendukung digelarnya Wali Kota Cup. Kami mengapresiasi beliau mau membuka jalan dan membantu pengembangan judo di Sumut khususnya Kota Medan," kata Arief. 

1. Dorong dihidupkannya lagi program Sister City dengan Ichikawa, terutama untuk olahraga judo

Bobby Dukung Kejuaraan Judo Wali Kota Cup dan Hidupkan Sister CityPengurus PJSI Sumut dan Medan saat beraudiensi dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Selasa (22/8/2023) (Dok.Istimewa)

Selain itu pada kesempatan itu PJSI Sumut juga berharap Pemerintah Kota Medan mengaktifkan lagi program sister city dengan Kota Ichikawa, Jepang. Selama ini kerja sama terjalin sangat baik termasuk untuk judo. Namun sudah lama vakum. 

"Jadi kita juga sampaikan soal program sister city dengan Ichikawa diharapkan bisa terjalin dengan baik. Terutama di bidang olahraga judo," kata Arief. 

Sementara Jamharil Umeda selaku penasihat PJSI Sumut dan salah satu pendiri Sister City Ichikawa menjelaskan program-program yang selama ini sudah dibuat sebagai bagian dari kerja sama. 

"Jadi itu sudah diawali sejak 1989. Kalau kegiatan yang kita lakukan selama Ichikawa di berbagai bidang seperti ada pertukaran pelajar, untuk teknologi  ada training ke Jepang yang berkaitan dengan dinas pemadam, dinas kebersihan. Teknologi yang ada di Ichikawa kita adopsi. Kunjungan persahabatan dari kedua pimpinan daerah," kata Umeda.

"Kerjasamanya banyak sekali berkaitan dengan sosial budaya. Kita bahkan pernah mengirim Gordang Sambilan. dalam hal pertukaran kebudayaan. Berkaitan dengan judo, kita sudah dapat bantuan baju judo (judogi) dua kontainer untuk kita di Medan. Pelatih-pelatih dari sana kemudian dikirim. Artinya banyak kegiatan positif bersifat budaya, olahraga, sosial. Ini mau kita hidupkan balik," kata Umeda.

Selama ini sudah lama valum, dia berharap kepengurusannya bisa diaktifkan lagi dan ini memerlukan peran Wali Kota Medan. "Kepengurusan asosiasinya kalau gak ada, kegiatannya gak bisa direalisasi. Asosiasinya dihidupkan dulu, Pak Wali yang mengesahkan, baru kita bisa hidupkan kerja sama dengan Ichikawa," kata Umeda.

Baca Juga: Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara Umum

2. Bobby dukung digelarnya Wali Kota Medan Cup

Bobby Dukung Kejuaraan Judo Wali Kota Cup dan Hidupkan Sister CityPengurus PJSI Sumut dan Medan saat beraudiensi dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution di Wali Kota Medan, Selasa (22/8/2023) (Dok.Istimewa)

Sementara itu Wali Kota Medan Bobby Nasution mendukung penuh program untuk Kejuaraan Judo Piala Wali Kota Medan Cup Championship yang akan berlangsung pada November 2023. Sebab, kegiatan itu dinilai sangat positif, selain memberikan dampak positif, juga mendukung upaya menjadikan Medan sebagai kota atlet.

“Semakin banyak kegiatan olahraga yang digelar tentunya memberikan dampak positif bagi Kota Medan,” kata Bobby Nasution.

Guna mendukung suksesnya kejuaraan judo tersebut, Bobby Nasution berpesan pengurus PJSI Kota Medan dapat berkolaborasi dengan Pemko Medan, terutama perangkat daerah terkait.

3. Untuk sister city, Bobby harap ada kerja sama di bidang UMKM

Bobby Dukung Kejuaraan Judo Wali Kota Cup dan Hidupkan Sister CityPengurus PJSI Sumut dan Medan saat beraudiensi dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution di Kantor Wali Kota Medan, Selasa (22/8/2023) (Dok.Istimewa)

Terkait kerjasama sister city, Bobby Nasution mengungkapkan, Kota Medan telah lama menjalin sister city dengan Kota Ichikawa. Selain pertukaran pelajar, menantu Presiden Joko Widodo ini juga berharap agar dapat ditambahkan kerjasama dalam bidang usaha. 

“Jadi para pelaku usaha kita, terutama UMKM  dapat dapat belajar mengenai packaging, kehigienisannya dan lainnya. Selain itu juga bisa dilakukan kerjasama di bidang olahraga seperti menggelar pertandingan persahabatan," pungkasnya.

Baca Juga: Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di Bali

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya