Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara Umum

98 atlet mengikuti Kejuaraan Judo Konjen Jepang

Medan, IDN Times- Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023 digelar di Padepokan Judo Sumatra Utara, Sabtu (19/8/2023). Sebanyak 98 judoka dari berbagai daerah di Sumatra Utara turun bertanding.

Ini merupakan bagian dari kerja sama Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara dengan Konjen Jepang di Medan. Kejuaraan dibuka Konsul Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu.

Takonai mengatakan kejuaraan ini merupakan wujud dari hubungan baik yang terjalin selama ini. "Ini kejuaraan judo Konsul Jenderal Jepang baru pertama kali diadakan. Bahkan di seluruh Indonesia baru pertama kali ada kejuaraan seperti ini. Kejuaraan ini sangat seru dan meriah," kata Takonai.

1. Momentum 65 tahun perayaan hubungan Indonesia-Jepang

Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara UmumKonsul Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu dan istri usai serahkan medali Kejuaraan Konjen Jepang 2023, Sabtu (19/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Apalagi tahun ini juga bertepatan dengan 65 tahun perayaan hubungan Indonesia dan Jepang. Maka, kejuaraan ini jadi momentum yang baik dalam perayaan tersebut.

"Luar biasa, judo ini berasal dari Jepang, tapi sudah menyebar ke seluruh dunia. Saya senang sekali kejuaraan judo ini diadakan di Medan. Judoka di Sumut kemampuannya sangat luar biasa. Mudah-mudahan tahun depan kami juga akan kami selenggarakan kejuaraan ini. Jadi momentum ini sangat baik untuk perayaan hubungan Indonesia Jepang," tambahnya.

Sementara Ketua Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah juga berterima kasih kepada Konsul Jepang yang selama ini antusias untuk datang hingga mendukung kejuaraan judo yang digelar PJSI Sumut.

"Kita tentunya berharap ini tidak hanya jadi even pertama dan terakhir. Tapi juga bisa digelar setiap tahun. Kejuaraan ini semakin mempererat hubungan kita dengan Konjen Jepang di Medan," katanya.

 

2. Banyak bibit-bibit pejudo baru di Sumut

Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara UmumAksi pejudo muda di Kejuaraan Konsul Jenderal Jepang Cup 2023 di Padepokan PJSI Sumut, Sabtu (19/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu Arief juga melihat antusiasme yang tinggi dari pejudo-pejudo Sumut. Dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftar hingga 98 orang.

Pada kejuaraan ini Pelatda PON Sumut tak menurunkan skuat intinya. Karena sebagian atlet saat ini berada di pelatnas baik yang dipanggil timnas maupun dititipkan berlatih untuk persiapan PON 2024.

"Tapi kami melihat banyak atlet-atlet baru yang menandakan semakin diminatinya lagi judo di Sumut dan diharapkan nanti mereka bisa meneruskan jejak para seniornya menembus pelatnas," kata Arief.

Baca Juga: Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di Bali

3. Tenri Judo Club pastikan juara umum

Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara UmumPara atlet Tenri Judo Club (TJC) bersama dengan Konsul Jenderal Jepang Medan Takonai Susumu dan para pengurus PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang Cup 2023 memertandingkan 13 kelas. Tenri Judo Club dipastikan menjadi juara umum dengan raihan 3 emas, 4 perak, 7 perunggu. Tiga emas Tenri diraihServino Januari di kelas +40 kg, Kristiansyah Nainggolan di kelas -50 kg, dan Inoue Al Aqsa di kelas +81 kg. 

Disusul Newaza Judo club dengan 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu dan RBC di peringkat ketiga dengan 2 emas.

4. Dimeriahkan eksibisi para eks pejudo

Kejuaraan Judo Konsul Jenderal Jepang 2023, TJC Raih Juara UmumAksi Ketum Pengprov PJSI Sumut M Arief Fadhillah di laga eksibisi Kejuaraan Konsul Jenderal Jepang Cup 2023 di Padepokan PJSI Sumut, Sabtu (19/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu menariknya, kejuaraan ini juga menggelar pertandingan eksebisi yang diikuti para mantan pejudo yang kini sudah menjadi pejudo, wasit hingga pengurus. Mulai dari Ketum Pengprov PJSI Sumut M Arief Fadhillah, Wakil Ketua Tengku Ariefanda, Pelatih Eka Setya Wirawan, para pengurus lain seperti Faisal Arief, Sani, hingga Tri dan Misri Dewi turut bertanding.

Meski usianya sudah tak lagi muda, namun mereka masih menampilkan teknik-teknik andalan mereka untuk meng-ipon sang lawan.

Baca Juga: 67 Peserta Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Kyu Judo Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya