Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024

Total Sumut raih 2 emas, 1 perak, 4 perunggu

Jakarta, IDN Times- Kejuaraan nasional (Kejurnas) Kasad Cup 2023 telah berakhir di Hall Basket Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2023). Kontingen judo Sumatra Utara total meraih 2 medali emas (1 dari nomor TNI/Polri), 1 perak dan 4 perunggu.

Pada hari terakhir, Selasa (10/10/2023), Sumut tak memperoleh satu pun medali pada lanjutan kategori senior. Sumut menurunkan 5 atletnya di kategori terakhir ini.

Pada nomor -66 kg putra, atlet judo Sumut di pelatnas Winner Felix Panggabean harus mengakui keunggulan sesama rekannya di pelatnas Kadek Rama. Winner memberi perlawanan sengit untuk peraih medali emas SEA Games 2022 lalu ini dan memaksakan hingga golden score. Namun Kadek yang akhirnya memenangkan pertarungan.

Sementara Dwi Paramitha di nomor -48 kg putri, Damara Raditya di kelas -55 kg putra terhenti di perempat final. Febby Landa dan Dimas Aditya sebenarnya berkesempatan meraih perunggu.Namun mereka kalah pada perebutan perunggu.Febby tumbang dari Dilla (Banten), sementara Dimas ditekuk eks pejudo pelatnas Muhammad Alfiansyah.

1. PJSI Sumut mengevaluasi hasil dari Kasad Cup menuju PON 2024

Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024Aksi Febi Landa dari Sumut pada Kejurnas Judo Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Selasa (10/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumut Eka Setya Wirawan Siregar menyatakan akan segera mengevaluasi hasil dari Kasad Cup ini.

"Kalau dari hasil secara perseorangan kita menurun. Tapi untuk kata kita meningkat signifikan dengan meraih 1 perak dan 1 perunggu. Artinya program TC di Bali berhasil. Mereka jadi aset kita untuk meraih medali di PON 2024 nanti," kata Eka.

Seperti diketahui Sumut menggelar pemusatan latihan di Jakarta sejak sebulan terakhir ini. Sumut juga sebelumnya baru menunjuk eks pelatih pelatnas Bambang Prakarsa sebagai pelatih.

 

Baca Juga: Kasad Cup, Judo Sumut Tambah Koleksi Medali dari Kata dan TNI/Polri

2. Sumut pertimbangkan untuk penambahan atlet

Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024Aksi Dimas Raditya Judo dari Sumut pada Kejurnas Judo Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Selasa (10/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Soal penambahan atlet, Eka mengatakan masih dirapatkan. Diketahui Sumut menurunkan beberapa atlet nonpelatda di Kejurnas Kasad Cup ini.

"Kalah (menambah atlet pelatda) itu memang dalam pertimbangan kita. Beberapa atlet baru memang kita uji di Kasad Cup ini," kata eks pelatih Asian Games ini.

Sumut menurunkan total 20 atlet di Kejurnas Kasad Cup ini. 

3. Para penyumbang medali untuk Sumut

Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024Inoeue Al Aqsa menerima judogi dari Ketua PB PJSI Letjen Maruli Simanjuntak (IDN Times/Doni Hermawan)

Sebelumnya medali emas juga diraih Inoue Al-Aqsa untuk kategori kadet di kelas -90 kg putra. Perunggu kategori cadet di kelas -52 kg disumbangkan Febri Maulida.

Sementara untuk junior meraih perunggu lewat Nicholas Abednego Marbun di kelas -55 kg. Untuk senior satu-satunya perunggu disumbangkan Helena Susyen di kelas -78 kg putri.

Untuk kategori kata, Sumut meraih medali perak lewat Fadli Ardiansyah Manik dan Krisjon Simorangkir di kelas nage no kata (seni gerak pria). Sedangkan medali perunggu diraih Mutiara Sinaga dan Redinda Syahira di kelas ju no kata (seni gerak wanita). 

Sedangkan untuk kategori TNI/Polri, Sumut menurunkan Diki Hartato. Prajurit TNI AL Lantamal Belawan itu sukses meraih medali emas di kategori TNI/Polri di kelas -81 kg putra.

Baca Juga: Judo Sumut Turunkan 20 Atlet di Kasad Cup 2023

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya