Judo Sumut Turunkan 20 Atlet di Kasad Cup 2023

Lebih dari sebulan atlet Sumut sudah berlatih di Jakarta

Medan, IDN Times- Tim judo Sumatra Utara menurunkan 20 atlet di ajang kejuaraan Kasad Cup yang akan digelar di Hall Basket Senayan, Jakarta, 7-10 Oktober 2023. Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara berharap para atlet bisa meraih hasil maksimal di ajang terakhir sebelum gelaran PON 2024 ini.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah. Menurutnya ini jadi ujian terakhir untuk atlet Sumut untuk bertarung dengan para atlet yang kemungkinan besar nantinya juga akan mereka hadapi di PON 2024.

Ini dikarenakan semua atlet terbaik daerah masing-masing turun bertanding. Peserta sampai saat ini sudah lebih 500 atlet mendaftar.

"Kasad Cup ini ajang kualifikasi terakhir menuju PON. Untuk kita tuan rumah tentu jadi kesempatan untuk menguji dan mengukur kekuatan hadapi PON 2024," kata Arief, Kamis (5/10/2023). 

 

1. Ingin lihat perkembangan atlet Sumut yang berlatih di Jakarta

Judo Sumut Turunkan 20 Atlet di Kasad Cup 2023Ketum PB PJSI Letjen Maruli Simanjuntak dan ketum PJSI Sumut M Arief Fadhillah (Dok.PJSI Sumut)

Arief juga ingin melihat sejauh mana perkembangan atlet pelatda Sumut yang lebih dari sebulan terakhir ini menjalani pemusatan latihan di Jakarta bersama pelatih Bambang Prakarsa. Diketahui mantan pelatih pelatnas itu juga baru bergabung bulan lalu.

"Ya, atlet pelatda Sumut seluruhnya kini berlatih di Jakarta. Soalnya di sana banyak lawan sparing dan kita mau lihat perkembangan mereka di Kasad Cup ini," tambah Arief.

Diketahui pada Kasad Cup 2022 lalu Sumut meraih 7 medali di tingkat senior dan junior. Yakni 1 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Medali emas diraih Helena Susyen yang saat itu berlaga di kategori junior.

"Kita berharap pencapaian kita lebih baik saat Kasad Cup 2022 lalu. Saat itu kita turunkan 9 atlet dapat 7 medali. Kali ini kekuatan kita lebih besar dengan 20 atlet," ungkapnya.

Baca Juga: Perkuat Pelatnas, 2 Atlet Judo Sumut Raih Medali di Thailand Open

2. Atlet kata Sumut juga akan diuji di Kasad Cup

Judo Sumut Turunkan 20 Atlet di Kasad Cup 2023Atlet juno kata Sumut akan kembali turun di Kasad Cup (IDN Times/Doni Hermawan)

Arief mengatakan Sumut juga akan menguji atlet kata di Piala Kasad ini. Diketahui mereka sebelumnya berlatih di Bali selama 2 bulan terakhir. Tak hanya atlet pelatda Sumut juga menurunkan beberapa atlet nonpelatda.

"Perkembangan mereka jauh meningkat dari sebelum TC di Bali. Kita harap mereka juga bisa dapat medali di Kasad Cup," jelasnya.

Selain itu atlet Sumut yang menghuni pelatnas Winner Felix Panggabean dan Nanda Banurea juga akan turun.

Arief juga mengatakan Pengprov PJSI Sumut juga menyertakan 2 pelatih untuk sertifikasi pelatih yakni Abdul Wahid dan Suyadi, 2 ofisial untuk sertifikasi pertandingan yakni Wan Faisal Arnanda dan Faisal Arief serta 2 peserta ujian kenaikan DAN III Josef Yus dan Suyadi.

3. Daftar atlet Sumut yang turun di Kasad Cup

Judo Sumut Turunkan 20 Atlet di Kasad Cup 2023Atlet judo Sumut bersama pelatih Eka Setya Wirawan Siregar (IDN Times/Doni Hermawan)

Para atlet Sumut yang akan turun di Kasad cup untuk kategori senior adalah Damara Raditya Ramadhan (-55 kg), Dimas Aditya Judo Prakarsa (-60 kg), Winner Felix Panggabean (-66 kg), Jayyid Ahmad Rabbani (-73 kg), Willi Pratama (-90 kg), Febby Landa Marlina (-45 kg), Dwi Paramitha Suhendra (-48 kg), Nanda Olivia Banurea (-70 kg), Helena Susyen (-78 kg).

Sementara untuk tingkat junior Nicholas Abednego Marbun (-55 kg), Renaldi Agus Wira Parhusip (-60 kg), Daffa Maulana Putra (-66 kg), Winda Miska Sinaga (-52 kg). Sedang cadet Sumut menurunkan Inoue Al Aqsha Firdaus (-90 kg), dan Febri Maulida (-52 kg)

Untuk nageno kata Sumut diperkuat Fadli Ardiansyah Manik dan Krisjon Simorangkir, dan juno kata menurunkan Mutiara Ocean Sinaga dan Redinda Syahira.

Sementara untuk kategori TNI/Polri, Sumut diperkuat Diki Hartato.

Baca Juga: Eks Pelatih Timnas Bambang Prakarsa Resmi Besut Tim Judo Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya