Perkuat Pelatnas, 2 Atlet Judo Sumut Raih Medali di Thailand Open

Nanda raih perak, Winner perunggu

Medan, IDN Times- Dua atlet judo asal Sumatra Utara yang saat ini membela pelatnas judo Indonesia meraih medali di ajang Thailand Open Championship yang digelar 2-3 September 2023 lalu. Mereka adalah Nanda Olivia Banurea dan Winner Felix Panggabean.

Nanda sukses meraih perak di kelas-70 kg, sementara Winner meraih perunggu kelas-66 kg.Hal ini disambut positif Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumut Muhammad Arief Fadhillah.

"Pastinya jadi kebanggaan untuk Sumut, 2 atlet judo kita dipercaya membawa nama Indonesia berlaga di even internasional. Apalagi sukses meraih medali. Saya pikir ini menguji mental mereka dan jadi persiapan yang bagus untuk PON 2024," kata Arief.

1. Keduanya diharapkan bisa berprestasi juga di Kasad Cup

Perkuat Pelatnas, 2 Atlet Judo Sumut Raih Medali di Thailand OpenNanda Olivia Banurea meraih medali perak Thailand Open International Championship (Dok.Nanda Banurea)

Even selanjutnya kedua atlet akan mengikuti Kasad Cup yang merupakan ajang kejurnas. "Perkembangan mereka cukup pesat di pelatnas. Kita harapkan mereka bisa melanjutkan prestasinya di Kasad Cup Oktober nanti," tambah Arief.

Perjalanan Nanda meraih perak dimulai dengan menghadapi wakil Thailand Phanphetr Wipawanee yang berhasil ditumbangkannya di awal. Kemudian menghadapi wakil Malaysia Sito Noor Aisyah, Nanda juga berhasil lolos hingga ke final. Sayangnya di final harus kalah dari Nanong Supattra yang juga merupakan pejudo nasional Thailand.

 

Baca Juga: Eks Pelatih Timnas Bambang Prakarsa Resmi Besut Tim Judo Sumut

2. Medali pertama Nanda sejak memerkuat pelatnas di even internasional

Perkuat Pelatnas, 2 Atlet Judo Sumut Raih Medali di Thailand OpenNanda Olivia Banurea meraih medali perak Thailand Open International Championship (Dok.Nanda Banurea)

Nanda mengaku bersyukur atas raihan medali perak di even internasional.Apalagi ini medali pertamanya membela Indonesia di ajang internasional.

"Senang lah pasti, karena pertama kali bawa nama Indonesia dan dipercayakan PB PJSI. Saya juga harus melakukan usaha maksimal di sana. Puji Tuhan dapatnya perak juara dua. Untuk ke depannya berharap bisa dapat emas dan mengalahkan tuanr umah kayak Thailand. Lawannya lapis 1 Thailand.

"Setahun di pelatnas, pelatih di sini bilang perkembangannya pesat. Dulu gak bisa ngapa-ngapain, susah ngebanting orang. Sekarang juga dipercayakan pelatnas. Mungkin untuk menguji mental juga, karena lapis 1 juga sudah main di Thailand Open 2022. Kini giliran aku untuk dites melihat perkembangan saat latihan. Pelatih pasti melihat mental atlet saat pertandingan," kata Nanda.

 

3. Motivasi untuk Winner dan bertekad raih yang terbaik di Kasad Cup

Perkuat Pelatnas, 2 Atlet Judo Sumut Raih Medali di Thailand OpenWinner Felix Panggabean meraih perunggu Thailand Open (Dok.Winner Panggabean)

Sementara itu Winner Felix Panggabean di -66 kg putra mengawalinya dengan menumbangkan wakil Thailand Phokthawingaam Parinya. Kemudian Winner menghadapi wakil Singapura Bryan Lee di semi final, sayangnya harus tumbang. Winner akhirnya menumbangkan Dhuong Thanh (Vietnam) di perebutan tempat ketiga.

"Pengalaman perdana bertanding di event international yang pasti nya bangga apalagi dikirim lansung oleh timnas judo indonesia,dan bisa memberikan medali perunggu. Awal yang cukup baik buat pertandingan ini memang sedikit grogi saat bertanding karena lawannya sudah negara lain, tapi memngingat proses latihan keras selama ini itu menjadikan motivasi untuk juara dan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diberikan," kata Winner.

Meski senang meraih perunggu, Winner mengatakan harusnya dia bisa mendapat prestasi lebih baik. Hal ini menjadi motivasi untuknya di even berikutnya.

"Dibilang senang pasti senang, tapi saya merasa tidak puas dengan hasil kemarin karena target saya dari awal ingin membawa medali emas, yang pastinya itu bisa menjadi motivasi bagi diri sendiri untuk lebih bersemangat lagi buat latihan dan menghadapi event selanjutnya , dan bisa menjadi pengalaman yang berharga buat saya," tambahnya.

Winner juga siap bertarung di Kasad Cup nanti. Bahkan dia bertekad merebut gelar pemain terbaik.

"Buat kasad cup,saya akan mematangkan diri saya di waktu dekat ini, kejuaraan ini bisa saya jadikan pengalaman bertanding untuk menghadapi PON yang akan datang karena seluruh senior akan bermain di event ini. Kejuaraan ini saya punya target tersendiri saya ingin menjadi pemain terbaik di kategori senior -66kg putra itu tidak bisa di dapat dengan mudah saya harus berlatih lebih keras lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Persiapan PON 2024, 4 Atlet Judo Sumut Dikirim Berlatih Kata di Bali

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya