Kasad Cup, Judo Sumut Tambah Koleksi Medali dari Kata dan TNI/Polri

Junior dan senior turut sumbang perunggu

Jakarta, IDN Times- Kontingen judo Sumatra Utara menambah koleksi medalinya memasuki hari ketiga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kasad Cup XIV 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2023). Sumut menambah 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Medali emas diraih lewat kategori TNI/Polri, medali perak di kategori nage no kata (seni gerak pria), dan 2 perunggu lewat ju no kata (seni gerak wanita) dan tingkat junior.

Total Sumut sudah mengoleksi 2 emas, 1 perak, dan 4 perunggu hingga hari ketiga.

1. Diki Hartato raih emas kategori TNI/Polri

Kasad Cup, Judo Sumut Tambah Koleksi Medali dari Kata dan TNI/PolriAksi pejudo Sumut Dicky Hartato pada Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Pada hari kedua, Diki Hartato memastikan medali emas di kategori -81 kg putra kategori TNI/Polri. Diki yang merupakan prajurit TNI AL Lantamal I Belawan tampil apik sepanjang turnamen. Puncaknya di final, ia mengalahkan Bayu Febrian dari Pusterad. 

Total ia meraih empat kemenangan hingga menggondol gelar juara kelas -81 kg putra.

2. Sumut meraih medali perak dari Nage no kata dan perunggu dari ju no kata

Kasad Cup, Judo Sumut Tambah Koleksi Medali dari Kata dan TNI/PolriAksi pejudo Sumut untuk ju no kata pada Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu dari kategori kata Sumut merebut dua medali. Pada kategori ju no kata (seni gerak wanita), Minggu (8/10/2023), Sumut meraih medali perunggu. Diperkuat Mutiara Ocean Sinaga dan Redinda Syahira, Sumut mengoleksi poin 319,5 dan harus puas di urutan ketiga di bawah Banten dan Jawa Timur.

Kasad Cup, Judo Sumut Tambah Koleksi Medali dari Kata dan TNI/PolriAksi atlet nage no kata Sumut Fadli/Krisjon di Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Berlanjut di nage no kata (seni gerak pria), Senin (9/10/2023), Sumut yang menurunkan Fadli Ardiansyah Manik dan Krisjon Simorangkir mendapat nilai 310. Mereka hanya kalah 4 angka dari Bali yang mengumpulkan 314 poin.

3. Kategori senior Sumut meraih 1 medali perunggu

Kasad Cup, Judo Sumut Tambah Koleksi Medali dari Kata dan TNI/PolriAksi pejudo Sumut Helena Susyen pada Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara untuk kategori senior yang baru berlangsung untuk sebagian kelas, Sumut harus puas dengan 1 medali perunggu. Itu diraih lewat Helena Susyen di kelas -78 kg putri. Ia meraih peringkat ketiga setelah mengalahkan Rizky Gita Amelia.

Wakil senior lainnya harus pupus di babak perempat final yakni Willy Pratama di kelas -90 kg putra, dan Nanda Banurea di kelas -70 kg putri.

Sumut masih menyisakan sejumlah wakil di tingkat senior yang akan turun Selasa (10/10/2023) atau hari terakhir Kejurnas Judo Kasad Cup. Mereka adalah atlet pelatnas Winner Felix Panggabean di kelas -66 kg putra, Febby Landa Marlina (-45 kg), Dwi Paramitha Suhendra (-48 kg), Dimas Aditya Judo Prakarsa (-60 kg), dan Damara Raditya Ramadhan (-55 kg).

Ketua Umum Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah bersyukur atas raihan Sumut di tingkat TNI/Polri serta kata. 

"Kerja keras atlet selama latihan di Bali menghasilkan dua medali untuk kita yakni perak dan perunggu. Kita berterima kasih kepada Sensi Sengoku yang telah membimbing atlet kita di sana dan perkembangannya jauh pesat. Kita harapkan mereka bisa lebih baik di PON 2024 nanti. Kita juga bangga dengan pencapaian Diki Hartato meraih emas kategori TNI/Polri. Dia rencananya kita usulkan masuk pelatda PON 2024. Untuk senior kita harapkan atlet yang turun besok, bisa menunjukkan prestasi," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Pertama Kejurnas Judo Kasad Cup, Sumut Raih 1 Emas dan 1 Perunggu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya