Hari Pertama Kejurnas Judo Kasad Cup, Sumut Raih 1 Emas dan 1 Perunggu

Inoue Al-Aqsa raih medali emas dan Febri perunggu

Jakarta, IDN Times- Atlet judo Sumatra Utara langsung unjuk gigi pada hari pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kasad Cup XIV 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023). 

Adalah Inoue Al-Aqsa Firdaus yang merebut medali emas kategori cadet -90 kg. Tak hanya merebut emas, Sumut juga meraih medali perunggu lewat Febri Maulida di kelas -52 kg.

1. Inoue meraih 2 kemenangan

Hari Pertama Kejurnas Judo Kasad Cup, Sumut Raih 1 Emas dan 1 PerungguInoue Al-Aqsa meraih medali emas kategori cadet Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Inoue sebelumnya mengalahkan Athallah Ronaldo (DKI Jakarta) di laga perdana. Kemudian putra dari legenda judo Sumut almarhum Denny Zulfendri itu juga menumbangkan Albert Valentino (Jawa Barat). Meski kalah di laga terakhir dari Bintang Tegar (Jawa Tengah), posisi Inoeue tak tergoyahkan di puncak klasemen.

Usai laga Inoue mengatakan bersyukur bisa meraih medali emas di ajang kejurnas. Sebelumnya dia meraih perunggu di Jakarta International Judo Championship.

"Alhamdulillah bisa dapat emas. Sebelumnya saya hanya dapat perunggu. Ini pertama main di Kasad Cup," kata Inoue.

Ia mengatakan soal lawan, semuanya sama-sama kuat. Namun dia tetap fokus hingga bersyukur meraih emas. "Pertama kali juara. Mudah-mudahan bisa berlanjut hingga tingkat junior dan senior. Berharap bisa memerkuat timnas juga nanti," kata Inoeue yang bertanding dengan mengenakan baju peninggalan almarhum Ayahnya.

Baca Juga: Judo Sumut Turunkan 20 Atlet di Kasad Cup 2023

2. Awal yang baik, PJSI Sumut berharap bisa berlanjut di hari berikutnya

Hari Pertama Kejurnas Judo Kasad Cup, Sumut Raih 1 Emas dan 1 PerungguKetua Umum PJSI Sumut Arief Fadhillah bersama Inoue Al-Aqsa dan Febri Maulida usai meraih medali kategori cadet Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua Umum Pengprov Pengurus Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara Muhammad Arief Fadhillah menyambut positif prestasi ini. Dia berharap bisa diikuti para atlet junior dan senior.

"Selamat untuk Inoue dan Febri. Ini menandakan regenerasi kita berjalan baik. Dan ini perdana mereka turun di Kasad Cup. Mudah-mudahan tingkat junior dan senior serta kata kita bisa meraih medali juga," kata Arief.

3. Hari ini Kasad Cup pertandingkan Ju No Kata, junior dan kategori TNI/Polri

Hari Pertama Kejurnas Judo Kasad Cup, Sumut Raih 1 Emas dan 1 PerungguKetua Umum KONI Sumut John Lubis saat memantau atlet yang berlaga di Kasad Cup (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua Umum KONI Sumut John Lubis yang melihat langsung perjuangan atlet Sumut ke Jakarta juga medali emas ini harus diapresiasi. Apalagi di tengah dominasi Pulau Jawa.

"Saya melihat kekuatan judo di Kasad Cup ini masih terpusat di Jawa. DKI Jakarta, Jawa Barat, tapi bagus jika kita bisa ambil satu, satu medalinya. Hari ini sudah 1 emas, mudah-mudahan senior nanti bisa mengikuti. Apalagi kita mau lihat hasil latihan mereka di Jakarta sebulan ini. Kita harapkan usai dari Kasad Cup mereka bisa lanjut latihan di sana. Tapi semuanya tergantung pengprov," kata John.

Kejurnas Judo Kasad Cup XIV sebelumnya dibuka Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Dudung Abdurachman. Kejuaraan ini diikuti 500-an atlet untuk kategori cadet, junior, senior, kata hingga TNI/Polri.

"Kita harapkan dari sini ada regenerasi atlet di Pelatnas yang akan mengikuti berbagai even kejuaraan internasional," pungkas Dudung.

Hari ini Kasad Cup akan memertandingkan kategori junior, ju no kata (seni gerak wanita) serta lanjutan kategori TNI/Polri. Sumut akan menurunkan Diki Hartanto untuk kategori TNI/Polri. Sementara untuk Ju no kata menurunkan Mutiara Sinaga dan Redinda Syahira. Sementara untuk junior menurunkan Aldi Parhusip, Nicholas Marbun dan Winda Sinaga.

Baca Juga: Perkuat Pelatnas, 2 Atlet Judo Sumut Raih Medali di Thailand Open

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya