Comscore Tracker

FIA: Trek Danau Toba Bagus, Tahun Depan Kami Beri 2 Seri APRC Lagi

Ijeck: Kita ambil lagi APRC demi target WRC

Simalungun, IDN Times- Federation Internationale de I’Automobile (FIA) tak hanya memberi Sumatra Utara kesempatan menjadi tuan rumah Asia Pasific Rally Championship (APRC) tahun ini. Tahun depan FIA bahkan langsung memberi jatah 2 seri kepada Sumut. 

FIA Steward, Vicky Chandok membenarkan hal itu. Menurutnya Danau Toba sangat layak menggelar kejuaraan bertaraf internasional.

"Saya sudah melakukan observasi dari 25 sampai 30 tahun. Di Danau Toba orang-orangnya sangat ramah. Kami sudah melihat jalannya semalam bagus. Bahkan ketika sudah hujan pun tapi treknya masih bagus. Mobil-mobil peserta yang bertanding sudah standar internasional. Kami mendorong agar APRC dilaksanakan tahun depan dua seri. FIA kasih dua pilihan. Hal ini supaya dunia bisa mencontoh APRC yang dibuat Indonesia," kata Vicky usai ceremonial start APRC Asia Cup putaran IV di Terminal Sosor Baba, Parapat, Simalungun, Jumat (23/9/2022).

 

1. FIA melihat Sumut bagian terindah dunia dan hal itu jadi hal penting untuk WRC

FIA: Trek Danau Toba Bagus, Tahun Depan Kami Beri 2 Seri APRC LagiPerwakilan FIA berbincang dengan Wagub Sumut, Musa Rajekshah (Dok.Istimewa)

Terakhir kali Indonesia menggelar World Rally Championship pada 1997. FIA melihat upaya keras Sumut menghadirkan kembali kenangan itu.

"Kalau Indonesia sendiri pada tahun 96/97 sudah melaksanakan WRC. Bahkan bulan lalu mereka juga baru melaksanakan reli juga. Dan hasilnya sangat bagus. Kami dari FIA senang melihat itu. Semua tuan rumah yang kami jumpai sudah tahu juga apa yang harus mereka lakukan. Jadi setelah 25 tahun keinginan wakil gubernur kita untuk mendatangkan kembali WRC ke Sumut, kita harus terus bekerja sekeras mungkin agar itu memang segera dilaksanakan kembali di Sumut," kata Vicky.

"Sumut juga bagian terindah dunia dan menurutku itu hal yang terpenting dalam WRC. Jadi mari bekerja keras untuk itu supaya WRC bisa kembali ke sini," ucapnya.

Baca Juga: Sean Gelael Tantang Rifat-Ryan di APRC, Ijeck Nyaman dengan Skoda

2. Ijeck memastikan Sumut ambil 2 seri APRC 2023

FIA: Trek Danau Toba Bagus, Tahun Depan Kami Beri 2 Seri APRC LagiWagub Sumut, Musa Rajekshah siap bertarung di APRC Danau Toba (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah memang menargetkan dengan suksesnya APRC akan mendatangkan kembali WRC.

“Target kita World Rally Championship (WRC) bisa kembali, tapi bersyukur Observer dari FIA kembali menawarkan dua seri Asia Pasific Rally Championship. Satu diantranya seri penutupan yang mewajibkan seluruh peserta hadir. Kita tinggal pilih seri mana dan bersama IMI Sumut kami sepakat ambil dua seri di tahun 2023. Kita yakini WRC dapat kembali ke sini 2024,” ujar Ijeck, sapaan akrabnya didampingi Ketua IKatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Harun Mustafa Nasution.

3. APRC nantinya akan digabung dengan Kejurnas dan Sprint Rally

FIA: Trek Danau Toba Bagus, Tahun Depan Kami Beri 2 Seri APRC LagiCeremonial start APRC Asia Cup Seri IV dan Kejurnas Danau Toba seri II di Simalungun, Parapat, Jumat (23/9/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Pada dua seri nanti, lanjut Ijeck pihaknya bersama IMI Sumut ingin menggabungkan APRC dengan Kejurnas dan Sprint Rally. “Kami berharap serinya di APRC tahun depan bisa digabungkan dengan Kejurnas dan kita juga ingin bikin Kejuraan Sprint Rally karena antusias pesertanya cukup besar,” ujar Ijeck.

Sementara Ketua IMI Sumut, Harun Nasution mengatakan, APRC diharapkan berjalan sukses selama dua hari penyelenggaraan. Perlu partisipasi dari masyarakat sekitar Danau Toba.

"Besar harapan kami tahun depan para peserta bisa ikut balik lagi ke sini biar sama-sama kita bisa mewujudkan Sumut tuan rumah World Rally Championship (WRC)," ujarnya.

 

Baca Juga: 5 Fakta APRC dan Kejurnas Danau Toba Seri II 2022

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya