Ditangani Pelatih Korea, Sambo Sumut Optimis Raih 9 Emas PON 2024

Berencana tryout ikut kejuaraan di Malaysia

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi Persatuan Sambo Indonesia (Pengprov Persambi) Sumatera Utara (Sumut) berambisi merebut 9 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Untuk itu persiapan digeber dengan maksimal. 

Saat ini 18 atlet sambo yang dipersiapkan berlatih keras di bawah asuhan pelatih asal Korea Shin Gu Bok. Selain itu mereka juga dilatih Anggi Muda Siregar, Jansa Putra Nainggolan dan Darwin.

"Shin Gu Bok sebenarnya adalah pelatih judo, tapi bisa diterapkan untuk judo. Karena olahraga sambo dan judo hampir sama dan kita akan berusaha mencuri ilmu yang dimilikinya," kata Pelatih Sambo Sumut Anggi Muda Siregar saat memimpin latihan fisik di Stadion Unimed.

1. Beberapa atlet andalan tak bisa tampil

Ditangani Pelatih Korea, Sambo Sumut Optimis Raih 9 Emas PON 2024Para atlet sambo Sumut untuk PON 2024 mendatang (Dok.Istimewa)

Target 9 emas berkaca pada hasil yang diraih pada Kejurnas Sambo belum lama ini di karawang, Jawa Barat. Pada Kejurnas Sambo tersebut, Sumut berhasil meraih 5 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. "Pada Kejurnas di Karawang itu ada beberapà atlet yang diprediksi meraih medali emas tidak bisa tampil diantaranya Epraim Ginting yang akan mengikuti kejuraan MMA di Amerika serta Faizal Irwansyah Lase yang sedang mengikuti One Pride di Jakarta," katanya.

Sehingga menurut Anggi Siregar, wajar Pengprov Persambi Sumut menargerkan 9 emas di PON mendatàng. "Kita juga masih memiliki atlet yang diprediksi mampu meraih medali emas nanti. Jadi target ini bukan asal kita bikin," ucapnya.

 

Baca Juga: Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024

2. Para atlet juga dibekali pemahaman soal peraturan pertandingan

Ditangani Pelatih Korea, Sambo Sumut Optimis Raih 9 Emas PON 2024Para atlet sambo Sumut untuk PON 2024 mendatang (Dok.Istimewa)

Sementara atlet sambo yang dipersiapkan menghadapi event nasional empat tahunan ini sebanyak 18 atlet terdiri dari 12 putra dan 6 putri. Untuk putra yakni Lian, Andri Silaen, Reymon, Edwin Tio, Daris, Deden, Faisal Irwansyah Lase, Suroto, Ilham, Epraim Ginting, Putra Parmonangan Harianja dan Muqsit. Sedang putri yakni Putri, Ayu, Melva, Stephani, Citra serta Maydelse.

Selain fisik dan teknik menurut Anggi, para atlet juga terus diberi pemahaman tentang peraturan pertandingan. "Sambo kan olahraga baru di Indonesia jadi mereka terus menerus kita beri pemahaman peraturan pertandingan. Jangan nanti saat bertanding mereka lupa dengan peraturannya," jelas Anggi.

 

3. Akan ikuti tryout di Malaysia

Ditangani Pelatih Korea, Sambo Sumut Optimis Raih 9 Emas PON 2024Para atlet sambo Sumut untuk PON 2024 mendatang (Dok.Istimewa)

Dikatakan, olahraga sambo hanya mempertandingkan 2 kelas yaitu kelas sport sambo yang tidak boleh melakukan pukulan dan tendangan serta kelas combat sambo yang boleh melakukan pukulan dan tendangan.

Sementara mengenai rencana try out, Anggi mengatakan, pihaknya akan membawa atlet mengikuti Open Turnamen Sambo se- Asia Tenggara di Malaysia bulan Desember ini. Event ini sekaligus sebagai ajang try out.

Sementara Eny Siswati mengatakan, kedatangannya untuk melihat kendala apa yang dialami atlet selama mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda).

Eny berharap dengan situasi dan kondisi saat ini yang memprihatinkan baik mengenai tempat latihan maupun suplemen yang ada, para atlet harus pintar-pintar memanfaatkannya.

"Hasil peninjauan kami ini, akan disampaikan dalam rapat yang dilaksanakan Disporasu nantinya. Mudah-mudahan segala permasalahan yang dihadapi setiap cabang olahraga bisa teratasi," ungkap Eny.

Baca Juga: Venue Biliar PON 2024 di Pardede Hall 90 Persen Siap

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya