Deli Serdang Juara Umum Pencak Silat Porprov Sumut

Seleksi terakhir jelang Pra-PON

Medan, IDN Times - Kontingen pencak silat Kabupaten Deli Serdang merebut juara umum Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprov Sumut) 2019 yang berakhir di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Kamis (27/6). Deli Serdang mengumpulkan medali terbanyak dengan torehan 6 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Posisi kedua ditempati Asahan dengan 4 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Medan berada di urutan ketiga dengan raihan 4 emas, 2 perak dan 5 perunggu. Sementara Tebingtinggi 3 emas, 1 perak, 1 perunggu serta Binjai mengumpulkan 1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu di posisi lima besar.

Baca Juga: Medan Juara Umum Taekwondo dan Karate Porprov Sumut 2019

1. Deli Serdang gagal capai target

Deli Serdang Juara Umum Pencak Silat Porprov SumutIDN Times/Hasudungan

Pelatih Deli Serdang, Jumono Sutrisno justru tidak terlalu puas meski para atletnya menjadi penyumbang medali terbanyak.

Pasalnya target medali tidak tercapai untuk 24 atlet yang dia boyong. "Target awal dari KONI itu 8 emas, jadi kami kurang dua. Jadi sedikit kecewa juga. Persaingan memang ketat karena banyak atlet pelatda juga jadi lawan di final," terangnya.

Adapun emas Deli Serdang dipersembahkan Siti Syahnaya, Febriyanto, Rizka Andini, Zumidar Oktina, dan M Angga Syahputra untuk kelas tarung serta Adella Afrilia Syahputri (seni).

Medali perak dipersembahkan Paradiba Ardana, Dani Pradana, dan Dwi Fitriani, Irfandi. Untuk perunggu diraih M Farisy Akbar, Depi Shinta, Jukhairiyah untuk kelas tarung serta Africa Putri (tunggal putri seni) dan Adella Afrilia, Juwita, Rini (regu putri).

2. Medan peringkat ketiga

Deli Serdang Juara Umum Pencak Silat Porprov SumutIDN Times/Hasudungan

Ketua IPSI Medan, Kompol H Enjang Bahri SH, MH didampingi Ketua Harian Ismarthoni Ismail mengaku hasip 4 emas sejatinya

sudah memenuhi target. Namun pihaknya belum cukup puas dengan hasil tersebut apalagi Medan berada di posisi 3 akhir klasemen.

"Target memang tercapai karena melebihi perolehan medali dari Poprov Sumut sebelumnya. Pastinya akan ada pembenahan lagi, evaluasi dari segi pembinaan juga harus lebih ditingkatkan," terangnya.

Meski demikian, pihaknya tetap optimis mampu meloloskan atlet ke Pra-PON. "Target pasti meloloskan atlet sebanyak-banyaknya ke Pelatda persiapan Pra-PON," jelasnya.

Medan berada di urutan ketiga dengan raihan 4 mas, 2 perak dan 5 perunggu. Emas disumbangkan M Pranata, Rahmadayanti, dan Hidayat semalam Tessa Windari (emas tunggal putri seni). Sedangkan perak Amirul Hafiz, Salsabila serta perunggu Yolanda Sri, Fakri, Adek Arifin, dan Fandi Ahmad, Akmal/Putra.

3. Persiapan ke Pra-PON

Deli Serdang Juara Umum Pencak Silat Porprov SumutIDN Times/Hasudungan

Ketua IPSI Sumut, Dahliana saat menutup event tersebut mengucap syukur karena Porprov Sumut cabor silat selesai dengan baik. Kalaupun ada riak-riak, katanya, itu biasa dalam sebuah event karena yang terpenting cedera atlet dapat diminimalisir.

Dalam kesempatan itu, Dahliana pun menegaskan Poprov Sumut merupakan seleksi terakhir atlet untuk masuk Pelatda Sumut menuju Pra-PON.

"Bagi atlet pelatda yang kalah akan dipertimbangkan. Kalau atlet pelatda kalah di babak awal, otomatis akan terdegrasi. Saya sudah bentuk tim pemantau untuk itu," jelasnya seraya mengatakan akhir Juli mendatang akan ada open tournament sehingga diminta untuk perguruan menyiapkan atlet terbaiknya untuk kelas usia dini, pra remaja, remaja, dan dewasa.

Baca Juga: Tebing Tinggi Juara Umum Tenis Meja Porprov Sumut, Medan Gagal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya