Debut di PON 2024, Kurash Sumut Usung Target 3 Emas

Saat ini diperkuat 8 atlet

Medan, IDN Times- Untuk pertama kalinya cabang olahraga kurash akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Untuk itu Pengurus Provinsi Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Sumut mengusung target 3 emas, 2 perak dan 5 perunggu. 

Sekretaris Umum Pengprov Ferkushi Sumut, Julius Bangun mengatakan cabang init terbilang baru di Indonesia karena baru terbentuk 2016.

“Saat ini kita memiliki 3 pelatih dan tiga wasit yang sudah bersertifikat. Kita akan perbanyak lagi untuk menghadapi PON. Harapan kita bisa dapat lebih dari tiga emas. Dengan kekuatan delapan atlet hasil tes fisik bulan lalu, kita yakin itu,” ucap Julius di Posko publikasi PON XXI/2024 kantor Dispora Sumut.

1. Pelatda dihuni 8 atlet

Debut di PON 2024, Kurash Sumut Usung Target 3 EmasPengurus Ferkushi Sumut bidik medali emas PON 2024 (Dok.Istimewa)

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Ferkushi Sumut Safridoli menambahkan saat ini pelatda dihuni 8 atlet. Ada 4 atlet tambahan mandiri.

“Untuk mewujudkan target kita di PON, kita saat ini fokus pada melatih teknik dan fisik khusus. Kita juga berencana mengirimkan atlet secara bertahap ke lampung untuk latihan di Pusat latihan nasional di sana,” jelasnya.

Baca Juga: Persiapkan 13 Atlet, Sepak Takraw Bidik 1 Medali Emas PON 2024

2. Untuk tryout, Ferkushi akan diperkuat

Debut di PON 2024, Kurash Sumut Usung Target 3 EmasIlustrasi atlet (ANTARA FOTO)

Untuk ajang try out, Ferkushi Sumut akan menggelar kejuaraan nasional kurash kategori U-17 dan U-22. Selain itu juga Pengprov Ferkushi juga melakukan sirkuit (kejuaraan) internal secara berkala dengan libatkan atlet dari Pengcab di kabupaten/ kota.

“Pada kejuaraan November 2022 lalu, kita kirim dua atlet dan meraih 1 perunggu. Memang untuk saat ini atlet dari DKI Jakarta, Surabaya (jatim), dan Bandar Lampung bagus – bagus. Tapi kita punya nomor andalan juga di putra dan putri. Seperti di kelas fighting -73 kg putra dan seni putra serta fighting -63 kg putri,” kata Safridoli.

3. Ada 12 kelas yang dipertandingkan

Debut di PON 2024, Kurash Sumut Usung Target 3 EmasPengurus Ferkushi Sumut bidik medali emas PON 2024 (Dok.Istimewa)

Pada PON 2024, cabor kurash pertandingkan 12 kelas masing – masing enam putra dan enam putri. Sektor putra yakni Fighting under 50 kg, -60 kg, -66 kg, -73 kg, +81 kg, dan seni (usul). Sedangkan sektor putri yakni under 48 kg, - 52 kg, -57 kg, - 63 kg, +70 kg, dan seni.

Baca Juga: Debut di PON 2024, Kabaddi Sumut Ingin Datangkan Pelatih India

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya