Comscore Tracker

Awalnya Iseng Latihan Judo, Helena Susyen Kini Peraih Emas Kasad Cup

Pejudo andalan Sumut ini targetkan juara di PON 2024

Medan, IDN Times- Tujuh medali diraih Sumatra Utara di ajang Kejuaraan Nasional Kasad Cup XIII. Salah satunya medali emas yang ditorehkan judoka perempuan, Helena Susyen di kelas -70 kg. Siapa sangka Helena yang kini jadi andalan Sumut dalam tim Pelatda PON dulunya hanya iseng berlatih judo.

Hal itu diceritakan Helena kepada IDN Times usai pulang dari ajang Kasad Cup. "Dulu hanya ikut karena diajak tetangga. Ya udah iseng aja ikut latihan. Ternyata lama-lama suka," kata Helena mengawali cerita.

1. Mulai berlatih judo di usia 11 tahun

Awalnya Iseng Latihan Judo, Helena Susyen Kini Peraih Emas Kasad CupHelena Susyen pejudo andalan Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Saat itu Helena mengingat usianya 11 tahun. Dia berlatih di Medan Judo Club (MJC), salah satu klub judo di Medan. "Enam bulan latihan, saya dipanggil seleksi PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) Sumut. Sekitar tahun 2017. Dari situ saya semakin serius berlatih judo," kata pejudo kelahiran 24 Maret 2005 itu. 

Tiga tahun berlatih di PPLP Helena merasa prestasinya tak terlalu baik. "Paling bagus waktu itu hanya juara ketiga kejurnas di Palu. Jadi saya merasa prestasi saya mentok di situ," kata putri pasangan Mada Tamara dan Qamariah ini.

Baca Juga: Usai Kasad Cup, PJSI Sumut Siapkan Atlet Hadapi Musi Open 

2. Dipanggil Pelatda PON Sumut, Helena berhasil raih emas di Kasad Cup

Awalnya Iseng Latihan Judo, Helena Susyen Kini Peraih Emas Kasad CupHelena Susyen (baju biru) meraih medali emas untuk Sumut di Kasad Cup (Dok.PJSI Sumut)

Tamat dari PPLP Sumut, Helena tak patah arang. Dia terus berlatih hingga akhirnya berhasil menembus Pelatda PON Sumut tahun 2022. Helena pun bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya di judo.

Hingga akhirnya ia berkesempatan tampil di Kejurnas Kasad Cup bersama para atlet Pelatda lainnya di Cilodong. Helena berhasil meraih satu-satunya medali emas Sumut di ajang itu.

"Gak nyangka bisa dapat emas. Lawannya pejudo Jawa Timur. Mungkin dia lebih diunggulkan saat itu. Jadi perkiraannya waktu itu perak. Tapi ternyata saya berhasil. Bangga sekali karena sebelumnya belum pernah dapat emas pertandingan nasional. Ini berkat motivasi dari pelatih, senior dan teman-teman," tambahnya.

3. Impikan bisa masuk pelatnas

Awalnya Iseng Latihan Judo, Helena Susyen Kini Peraih Emas Kasad CupKetua Umum PJSI Sumut, M Arief Fadhillah bersama atlet Sumut peraih medali emas Kasad Cup XIII di Cilodong, Jawa Barat (Dok.PJSI Sumut)

Ke depan, Helena tak mau berpuas diri. Perjalanannya masih panjang di dunia judo. Even-even lain sudah menanti. Seperti Musi Open di Palembang Juni mendatang. "Tentu saya ingin mendapat prestasi lagi di Musi Open. Pastinya ingin meraih juara di PON 2024 nanti, jadi masih panjang lagi," katanya.

Selain itu Helena juga bertekad bisa memperkuat tim nasional. "Tentu itu impian setiap pejudo. Saya kerja keras saja dulu," pungkasnya.

Baca Juga: Total 7 Medali di Kasad Cup 2022, Tim Judo Sumut Bikin PB PJSI Kaget

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya