Atlet Taewondo Sumut Ikuti Kejuaraan Dunia Junior di Yordania

Sudah 6 tahun Sumut tak kirim wakil ke Pelatnas

Medan, IDN Times - Sumatera Utara berhasil mengirimkan satu atlet taekwondo ke Pelatihan Nasional (Pelatnas) atas nama Ricko Rifano. Namanya masuk dalam 8 atlet se-Indonesia yang lolos seleknas sehingga dipanggil Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) lewat surat Nomor: B/125/PBTI/VI/2019 28 Juni lalu.

Adapun para atlet kini telah digembleng oleh tim pelatih di P4TK TK dan PLB, Bandung, Jawa Barat. Para atlet dipersiapkan untuk mengikuti Pelatnas Persiapan Asia Junior Championship 2019, 17-22 Juli di Yordania.

Baca Juga: Medan Juara Umum Taekwondo dan Karate Porprov Sumut 2019

1. Pemanggilan Ricko jadi kebanggaan Sumut

Atlet Taewondo Sumut Ikuti Kejuaraan Dunia Junior di YordaniaDok.IDN Times/Ricko Rifano

Sejatinya PB TI memanggil 2 atlet Sumut untuk seleknas beberapa waktu lalu. Dari dua nama, hanya Ricko Rifano yang terpilih. Sementara Inggrid Maria gagal bersaing.

Meski hanya satu yang lolos, Pelatih Basuki Nugraha tetap mensyukurinya. Bahkan dia sangat bangga mengingat selama ini Sumut sudah 6 tahun tidak mengirim wakil ke Pelatnas.

"Keduany sudah melakukan yang terbaik, semampu mereka. Walau 1 lolos, saya apresiasi. Saya bangga dengan mereka. Seleksi diikuti 50 atlet, hanya 8 terpilih. Tentu ini kehormatan dan kebanggaan bagi Sumut," kata Basuki kepada IDN Times, Kamis (4/7).

2. "Jangan berpuas diri, Ricko"

Atlet Taewondo Sumut Ikuti Kejuaraan Dunia Junior di YordaniaDok.IDN Times/istimewa

Basuki tidak lupa, suksesnya Ricko Rifano menembus kancah nasional berkat perjuangan semua pihak yang mendukung, terutama pengprov TI Sumut. Tugasnya belum selesai, dia ingin terus memantau anak asuhnya tersebut agar bisa sukses di kejuaraan asia nantinya.

"Kualitas Ricko sangat baik, tinggal terus berlatih lebih keras saja. Saya ingatkan ke dia untuk tidak cepat berpuas diri," ucap Basuki.

Kendalanya kini cuma satu, Ricko masih minim jam terbang. "Dia minim pengalaman internasional. Kejuaraan junior di Jordania merupakan event pertama dia. Saya sudah titip banyak pesan ke dia, terutama evaluasi untuk meningkatkan kebugaran. Intinya jangan sampai sakit," terang dia lagi.

3. Doa untuk bawa pulang medali

Atlet Taewondo Sumut Ikuti Kejuaraan Dunia Junior di YordaniaDok.IDN Times/istimewa

Pelatih taekwondo PPLP Sumut ini tentu berharap, kiprah Ricko Rifano di Timnas taekwondo tidak numpang lewat. Rintangan pertama menanti, yakni membawa prestasi di luar negri.

"Saya sangat berharap dia bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat bertanding nanti. Semoga bisa meraih medali untuk Indonesia agar bisa terus di pelatnas," harap Basuki.

"Pesan saya juga untuk semua atlet= terutama Ricko, untuk terus mengejar cita-cita, jangan takut untuk mengejar prestasi. Intinya terus berlatih dan harus berjiwa semangat pantang mnyerah. Selebihnya rajin beribadah dan berdoa," pungkas dia.

Baca Juga: Setelah 6 Tahun, Atlet Taekwondo Sumut Dipanggil Seleksi Nasional

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya