ASEAN Para Games Kamboja, Habibila Target Ulangi Pencapaian 2021

Atlet NPC Sumut ini bertekad samai prestasi di APG 2021

Medan, IDN Times- Muammar Habibila, atlet cabor atletik National Paralympic Committee (NPC) asal Sumatra Utara siap unjuk gigi di ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja. Dia menargetkan bisa meraih dua medali emas dan dua medali perak untuk Indonesia.

Habibila akan turun di klasifikasi T13 di APG kali ini. Dia bertekad memertahankan prestasi di APG 2021 Solo. Saat itu dia juga meraih 2 emas dan 2 perak. Dia pun sudah memersiapkan diri sejak November 2022 lalu.

“APG Kamboja adalah final bagi saya. Latihan sudah maksimal selama di pelatnas. Insya Alah siap bertanding dan memertahankan dua emas dan dua perak,” ucap Habibila, Jumat (2/6/2023).

1. Dua nomor yang diikuti adalah lompat jauh dan estafet 4x100 meter

ASEAN Para Games Kamboja, Habibila Target Ulangi Pencapaian 2021Muammar Habibila, atlet cabor atletik National Paralympic Committee (NPC) asal Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Habibila akan mengikuti empat nomor lomba di APG 2023 ini. Dua nomor yang dikuasai Habibila adalah lompat jauh dan estafet 4x100 meter putra. Itu peluang besarnya meraih emas.

Sementara di di nomor 100 dan 200 meter, dia juga berharap bisa meraih emas. “Kalau untuk persaingan ya, datang dari Thailand di nomor 200 dan 100 meter. Malaysia juga ni dengar-dengar comeback lagi di lompat jauh,” ujar Habibila.

Menurutnya, selama di pelatnas mereka sudah digeber dengan program rutin selama tiga kali sehari. Mulai dari pagi, siang dan sore.

“Program latihan rutin di Pelatnas mulai pagi dan sore, Bahkan siang juga ada latihan untuk fitness. Apa yang sudah dilatih oleh coach inilah finalnya di Kamboja. Kalau bisa di kasih lebih Alhamdulillah,” kata Habibila.

Baca Juga: 2 Atlet NPC Sumut Raih Emas Kejuaraan Dunia Atletik di Dubai

2. Ada 17 atlet Sumut yang tampil di APG 2023

ASEAN Para Games Kamboja, Habibila Target Ulangi Pencapaian 2021Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting (Dok.Istimewa)

Sementara itu Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan, saat ini ada 17 atlet dan 1 pelatih asal Sumut di skuat APG Kamboja. 

Alan berharap para atlet bisa meraih 16 medali emas dari Sumut. Ia optimis para atlet Sumut bisa kembali persembahkan medali bagi Indonesia. "Insya Allah, jika berjalan dengan rencana, bukan tidak mungkin 16 emas bisa kita sumbangkan untuk Indonesia di ASEAN Para Games nanti. Begitupun, kita minta doa seluruh masyarakat Indonesia dan Sumut khususnya agar semuanya bisa terwujud,” harapnya.

3. Indonesia target juara umum tiga kali beruntun

ASEAN Para Games Kamboja, Habibila Target Ulangi Pencapaian 2021Muammar Habibila, atlet cabor atletik National Paralympic Committee (NPC) asal Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Saat ini skaut Indonesia untuk ASEAN Para Games sudah tiba di Kamboja sejak Rabu (31/5/2023) lalu. Indonesia menargetkan juara umum tiga kali beruntun.

Indonesia menargetkan bisa memboyong 123 emas, 92 perak, da  84 perunggu.

Baca Juga: Diperkuat Atlet SEA Games, Balap Sepeda Sumut Target 9 Emas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya