TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Raih 3 Perak dan 5 Perunggu, Sumut Gagal Dapat Emas Gulat PON 2024

Jatim menempel Kaltim yang keluar sebagai juara umum

Atlet cabor gulat yang berlaga di PON XXI Aceh - Sumut (IDN Times/ istimewa)

Binjai, IDN Times - Diajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut Cabang Olahraga (Cabor) Gulat. Kontingen (atlet) Sumatra Utara (Sumut), tidak mampu mendulang mendali emas.

Sumut harus puas dengan pencapaian 3 perak dan 5 perunggu mulai dari awal pertandingan hingga akhir pertandinga yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Binjai, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatra Utara, Kamis (19/9/2024).

1. Keluar sebagai juara umum, Kaltim ditempel ketat Jatim

 

Di Cabor Gulat ini, Kalimantan Timur (Kaltim) keluar menjadi juara umum. Kaltim berhasil memperoleh 5 medali emas, 4 perak, 6 perunggu. Persaingan perolehan medali emas ini cukup ketat. Sebab, diperingkat kedua Kontingen Jawa Timur juga memperoleh 5 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu. Kaltim unggul satu medali, yaitu medali perunggu.

Pelatih Kepala Gulat Kaltim, Sumarlani mengapresiasi perjuangan semua atletnya usai berhasil menjadi juara umum Cabor Gulat. "Secara keseluruhan penampilan atlet sudah bagus, terutama di kelas gaya bebas dan greco putra," kata Sumarlani, Kamis (19/9/2024) malam.

Sumarlani mengaku, dikelas gaya bebas putri juga ada peningkatan, terutama atlet atasnama Desa Rahmawati dan Tasya yang menunjukan penampilan yang bagus. "Kita ada regenerasi, karena satu atlet kita Dewi Ulfan sudah pensiun," terang Sumarlani.

2. Pelatih Jatim : penampilan para atlet sudah sesuai dengan harapan

 

Sedangkan itu, Pelatih Atlet Gulat Jawa Timur, Agus Setyo mengatakan hal yang serupa. "Kita tetap optimis, kita mendapat 5 emas, 4 perak, 5 perunggu. Kita on target aja kalau peraihan medali ini ya. PON kemarin kita dapat 7 emas. Ada penurunan sedikit tapi gakpapa. Inilah olahraga, kita siap daerah lain juga siap," papar Agus.

Meski begitu, Agus menambahkan penampilan para atlet Jawa Timur sudah sesuai dengan harapan. "Sudah sesuai dengan persiapan kita yang juga maksimal. Untuk mengikuti diturnamen selanutnya, kita pasti banyak evaluasi, dan kita banyak atlet-atlet muda," ujar Agus.

Pelatih Gulat Jawa Tumur ini optimis jika pada PON berikutnya, Jawa Timur yang akan menjadi juara umum. "Karena atlet kita banyak yang muda-muda sekali, dan baru pertama kali ngikuti PON. Untuk Sea Games di Thailand kita belum tau, nanti dari PB yang menentukan. Tapi kita optimis atlet kita terpilih. Seperti Varadisa, Mutoharoh, Candra Marimar. Di atlet putri lebih unggul," tegas Agus.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya