Tiru Kota Bandung, Sumut Akan Terapkan Program e-SAKIP

Dengan menggunakan e-SAKIP dapat bekerja efisien

Bandung, IDN Times - Sumatera Utara dan Bandung menjalin kerja sama replikasi atas penggunaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (e-SAKIP).

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial pun sudah menandatangani kerja sama itu di Ruang Tengah, Balai Kota Bandung, Senin (8/7).

SAKIP merupakan penerapan manajemen kerja pada sektor publik yang publik yang sejalan dan konsisten dengan penerapan reformasi birokrasi. Serta berorientasi pada pencapaian outcome dan upaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

1. SAKIP bakal ukur kinerja Organisasi Perangkat Daerah

Tiru Kota Bandung, Sumut Akan Terapkan Program e-SAKIPIDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

SAKIP akan berguna untuk mengukur setiap pembangunan atau kinerja yang dilakukan masing-masing organisasi perangkat daerah. Sistem ini juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah digunakan pembangunan daerah.

SAKIP juga akan merubah perspektif soal berapa banyaknya dana yang dihabiskan untuk pembangunan menjadi berapa besar kinerja yang dihasilkan dalam satu periode.
 
 “Orientasi input yang berfokus pada besaran penyerapan anggaran harus ditinggalkan, tata kelola pemerintahan yang baik harus berorientasi hasil,” kata laki-laki yang akrab disapa Ijeck itu.

Baca Juga: Gara-gara Anjing, Enos Tarigan Nekat Tebas Tangan Marbun

2. SAKIP bakal meningkatkan akuntabilitas hingga efisiensi kinerja

Tiru Kota Bandung, Sumut Akan Terapkan Program e-SAKIPIDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

Sistem SAKIP juga dapat meningkatkan akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi kinerja instansi. Ijeck ingin keberadaan SAKIP nanti bakal mewujudkan good-governance yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Tidak hanya output-nya saja, tapi nilai dan bobotnya sesuai dengan kemampuan kita. dengan adanya e-SAKIP ini kita dapat bekerja efisien. Jadi dalam menerima laporan tentang kinerja sudah bisa melalui laptop atau android, tidak perlu lagi memakai kertas-kertas dan bisa diakses kapan saja,” kata Musa Rajekshah.

3. Wagub sempatkan berkunjung ke Bandung Planning Gallery

Tiru Kota Bandung, Sumut Akan Terapkan Program e-SAKIPIDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

Selanjutnya, Wagub Musa Rajekshah dan rombongan menuju Bandung Planning Gallery yang terletak di Jalan Aceh, Kota Bandung.

Dalam kunjungan tersebut, Wagub menerima penjelasan dari Pemerintah Kota Bandung mengenani galeri tersebut. Galeri itu berisikan mengenai identitas yang membentuk Kota Bandung serta perencanaanya ke depan.

Baca Juga: BPODT Tingkatkan Sports Tourism untuk Dongkrak Wisatawan ke Danau Toba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya