Comscore Tracker

30 Bus di Sumut Siap Antar Pemudik ke Kampung Halaman, Gratis!

Yuk langsung daftar guys

Medan, IDN Times – Mudik gratis ke kampung halaman kembali digelar Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. Program ini adalah gagasan pemerintah untuk meringankan masyarakat yang ingin mudik.

1. Peserta mudik akan diberangkatkan pada 19 April 2023

30 Bus di Sumut Siap Antar Pemudik ke Kampung Halaman, Gratis!Ilustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus menjelaskan, para peserta mudik nantinya akan diberangkatkan pada Rabu 19 April 2023 atau H-2 lebaran.

Totalnya, ada 30 armada yang akan membawa para pemudik.

Baca Juga: Fatwa Ramadan MUI Sumut: Asrama Subuh dan Main Petasan Haram! 

2. Catat, ini rute mudik gratis Pemprov Sumut

30 Bus di Sumut Siap Antar Pemudik ke Kampung Halaman, Gratis!Ilustrasi arus mudik di jalan tol (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Mudik Gratis Bermartabat ini akan berangkat dari Kota Medan. Armada bus akan melintasi sejumlah rute, antara lain; Panyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantau Prapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat dan Besitang.

"Mudik gratis, total ada 30 bus. Itu nanti kita berangkatkan tanggal 19 April 2023 atau H-2 Lebaran. Kita berangkatkan dari kantor Gubernur Sumut," kata Agustinus.

Untuk menjadi peserta mudik, masyarakat hanya diminta mengisi formulir daring dari flyer yang tersebar di media sosial resmi Pemprov Sumut.

Di dalam unggahan itu sudah tertera barcode yang bisa dipindai. "Ini betul-betul free, tidak biaya. Bus seatnya beda-beda, kita ada bus yang sedang dan bus yang besar. Pastinya (pendaftaran mudik gratis), warga Sumut dan tinggal mengisi link atau barcode yang sudah sampaikan di flyer," kata Agustinus.

3. Mendaftar bisa secara online

30 Bus di Sumut Siap Antar Pemudik ke Kampung Halaman, Gratis!Ilustrasi arus balik (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sejak dibuka pada 20 Maret 2023, sudah lebih dari 100 orang yang mendaftar mudik. Bahkan ada masyarakat yang ingin berangkat secara berkelompok.

“Ada yang minta satu grup, saya bilang tetap di registrasikan. Kalau kita diidentifikasi bisa satu grup, kita upayakan satu grup juga," sebut Agustinus.

 Agustinus mengharapkan dengan program mudik gratis ini. Mampu menekan angka kecelakaan lalulintas saat arus mudik berlangsung. Karena, masyarakat mudik menggunakan sepeda motor, bisa dialihkan ke bus ini.

"Kedua, kita harapkan ada safety, ada perpindahan dari orang mudik naik sepeda motor ke bus. Karena, lebih nyaman kita fasilitasi sampai tiba, kita siapkan juga untuk berbuka puasa snack, makannya dan lain-lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan 1444 H, Harga Beras di Medan Masih Tinggi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya