Kampanye Jaga Kebersihan Sungai Babura, Target Jadi Objek Wisata Baru

Apakah kamu tertarik ini menjadi wisata baru di Kota Medan?

Medan, IDN Times - Sejumlah pemuda dan pemudi melakukan aksi bersih sungai dan uji coba trip wisata arung sungai Babura Medan, Selasa (9/2/2021).

Kegiatan ini merupakan kampanye pentingnya menjaga kebersihan sungai untuk mengurangi risiko banjir, melestarikan habitat sungai dan menjadikan sarana rekreasi baru di Kota Medan. 

1. Kegiatan ini diharapkan dijaga dan diteruskan

Kampanye Jaga Kebersihan Sungai Babura, Target Jadi Objek Wisata BaruIstimewa/IDN Times

Ir. H.Akhyar Nasution,M.Si, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, diwakili Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring mengapresiasi sekaligus mendukung kegiatan aksi bersih sungai dan coba arung wisata sungai Babura.

"Kegiatan ini sangat luar biasa jadi harus terus dijaga dan diteruskan, tujuannya agar menjadikan kampung sejahtera yang dulunya dikenal sebagai kampung kubur menjadi objek wisata," kata Arjuna.

Oleh sebab itu, Arjuna mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga kegiatan ini, Arjuna meyakinin bila kegiatan tersebut berjalan dengan baik maka secara otomatis akan menggerakan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: PFI Medan Tularkan Virus Fotografi pada Anak-anak Kampung Sejahtera

2. Diharapkan kampung sejahtera bisa menjadi objek wisata yang nantinya juga akan ada taman literasi

Kampanye Jaga Kebersihan Sungai Babura, Target Jadi Objek Wisata BaruIstimewa/IDN Times

Hal yang sama juga diharapkan Rasyid selaku Ketua P3KS Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), bahwa kegiatan ini bertujuan untuk merubah wajah kampung sejahtera yang dulunya di kenal sebagai sarang pengguna narkoba diubah menjadi objek wisata sungai guna mendongkrak perekonomian masyarakat. Ia juga berharap nantinya, ada taman literasi.

Karena sungai yang bersih dan asri dapat dijadikan tujuan wisata yang murah meriah. Banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di sungai seperti naik perahu, memancing, atau sekedar bermain air. Rekreasi sungai ini dapat menambah pendapatan orang-orang yang hidup di sekitar lokasi, serta menambah tujuan wisata murah yang makin terbatas di Kota Medan.

3. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain

Kampanye Jaga Kebersihan Sungai Babura, Target Jadi Objek Wisata BaruIstimewa/IDN Times

Dalam kegiatan ini, mereka yang terlibat di antaranya, Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera ( P3KS), Explore Sumatera, Pewarta Foto Indonesia ( PFI) Medan, Vertical Rescue Indonesia ( VRI) Regional Sumatera, Khadijah Sharaswaty Indonesia, Sekolah Az-zakiyah Islamic Leadership, Teratai Rescue dan Sumatra Tropical Forest Jurnalism (STFJ).

Baca Juga: Pemerintah Nunggak 8 Bulan Insentif COVID-19, Nakes di Medan Demo

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya