Comscore Tracker

Ini Persiapan Masjid Raya Al-Mashun Medan Jelang Salat Idul Adha

Pengurus akan sembelih 2 ekor sapi

Medan, IDN Times - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Jumat (31/7/2020), berbagai persiapan dilakukan Pengurus Badan Kenaziran Masjid Raya Al-Mashun Medan untuk persiapan ibadah di tengah pandemik COVID-19 ini. Sekretaris BKM Masjid Raya Al Mashun, Zaini Hafiz mengatakan tidak jauh berbeda dengan Hari Raya Idul Adha sebelumnya, namun kali ini diwarnai dengan protokol kesehatan.

Pantauan IDN Times, saat ini terlihat hewan kurban sudah 2 ekor sapi yang ada di perkarangan Masjid Raya Al-Mashun, pada Kamis (30/7). 

1. Lakukan penyemprotan disinfektan di dalam dan pelataran masjid

Ini Persiapan Masjid Raya Al-Mashun Medan Jelang Salat Idul AdhaWarga mencuci tangan sebelum mengikuti salat Id berjamaah di Masjid Raya Al Mashun Kota Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menurutnya, sejak pagi hari para pengurus Masjid Raya telah melakukan penyemprotan disinfektan untuk menjaga kebersihan dan sesuai protokol kesehatan menyambut hari raya Idul Adha pada esok hari.

“Tadi pagi kami persiapan di dalam dan di luar kami lakukan penyemprotan untuk lakukan protokol kesehatan. Jadi jemaah besok datang, masuk bilik dulu, kemudian cuci tangan, dan pakai masker. Di dalam diimbau jaraknya jangan rapat-rapat kelang satulah,” ujarnya.

Baca Juga: Masjid Raya dan Masjid Agung Medan Tetap Gelar Salat Iduladha

2. Telah persiapkan tanda jarak untuk para jamaah yang akan Salat Idul Adha

Ini Persiapan Masjid Raya Al-Mashun Medan Jelang Salat Idul AdhaAparat kepolisian memeriksa sushu tubuh masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Minggu (24/5) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selain penyemprotan disenfektan, para Pengurus Masjid Raya juga melakukan tanda jarak untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. “Untuk di bawah (luar) sudah dipersiapkan tanda jaraknya. Jadi sudah diupayakan jangan sampai terjangkit COVID-19,” ucapnya.

”Masjid kita ini banyak pendatang, seperti datang dari luar kota dan jemaah di sekitaran masjid. Pengalaman sebelumnya di COVID-19 ini ada sekitar 200 sampai 300 jemaah,” tambahnya.

3. Terlihat dua ekor hewan sapi di pekarangan Masjid Raya

Ini Persiapan Masjid Raya Al-Mashun Medan Jelang Salat Idul AdhaMasjid Raya Medan lakukan pemotongan hewan kurban (IDN Times/Indah Permata Sari)

Saat ini, sudah dua ekor hewan kurban sapi yang terlihat di pekarangan Masjid Raya. Menurutnya, salah satu hewan sapi tersebut berasal dari Polda Sumut namun satu ekor lagi belum diketahui dari siapa yang berkurban.

“Tadi katanya dari Polda, yang satu lagi saya belum tahu dari mana. Kemungkinan dari Raja Deli juga ada nanti, tapi belum tahu,” ungkapnya.

“Kalau sebelumnya di tahun lalu, kami sudah persiapan untuk kurban ada sekitar 5 ekor Sapi, untuk tahun ini agak sedikit repot karena pemotongan dan kerumunannya,” ungkap Zaini.

Baca Juga: Tata Cara dan Sunnah-sunnah Salat Iduladha yang Sebaiknya Dilakukan

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya