Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan Sibolga

Sampaikan pesan selamatkan alam dan lingkungan

Sibolga, IDN Times - Hari Bumi 2019 diperingati setiap 22 April. Berbagai acara dilakukan untuk memperingati hari Bumi, salah satunya di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah. Organisasi yang menamakan dirinya Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) memilih Pulau Poncan, sebuah pulau yang berada 7 km dari Sibolga menjadi lokasi kegiatan peringatan hari Bumi

Koordinator kegiatan Kemah Hari Bumi, Harry Alfauzan Manalu dalam keterangan resmi menyebut peringatan tahun ini dikemas dengan menghelat kegiatan berjudul Kemah Hari Bumi 2019 dengan tema "Aku dan Laut".

1. Kegiatan digelar selama 2 hari

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan SibolgaIDN Times/istimewa

Dikatakan, kegiatan akan digelar akhir pekan ini selama dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu mulai Sabtu (27/4) sampai Minggu (28/4).

"Di pagi hari Sabtu tanggal 27 kegiatan sudah dimulai dengan distribusi peserta ke pulau, pendirian tenda dan berbagai persiapan," ujar Fauzan, Selasa (23/4).

Baca Juga: 5 Partai di Tapteng Laporkan Kecurangan Pemilu ke Bawaslu

2. Selam Scuba dan hunting foto dalam laut

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan Sibolgafacebook.com/hendra.cheesenclick

Fauzan menerangkan, rangkaian kegiatan akan diawali dengan selamat datang pulau, pengenalan selam scuba (try scuba diving) dan beberapa kegiatan lain.

"Di hari pertama kegiatan juga akan dilaksanakan hunting foto bawah laut, aksi bersih-bersih pantai, forum grup discusion, kegiatan akan berlangsung hingga malam," kata Fauzan.

3. Digelar hunting foto sunrise di hari kedua

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan Sibolgayouthkiawaaz.com/kunal arora

Sementara untuk hari kedua, Minggu (28/4), Fauzan mengatakan, kegiatan diawali dengan hunting foto sunrise, peletakan substrat artificial reef dan rumah ikan, bersih-bersih pantai dan acara puncak adalah deklarasi di dalam laut yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan berserta tamu undangan dari unsur Forkopimda.

"Kita perkirakan peserta kegiatan sekitar 100 orang yang berasal dari Kota Sibolga dan Tapteng dan peserta dari luar kota" katanya.

4. Kemah Hari Bumi penting untuk menjaga lingkungan pantai barat

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan SibolgaDok.pribadi

Fauzan menyebutkan, Kemah Hari Bumi yang akan digelar mengusung pesan penting penyelamatan alam dan lingkungan terutama di Pantai Barat Sumatera Utara.

"Masalah lingkungan masih menyisakan pekerjaan rumah yang berat, misalnya sampah, kemudian kondisi terumbu karang yang sangat memprihatinkan terutama di Pantai Barat ini," katanya.

5. Acara akan dipandu dengan konsep Eduekowisata

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan Sibolgagood news from indonesia

Fauzan menegaskan, Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) berkomitmen secara rutin dan berkala menghelat even yang mengusung isu lingkungan dan mendorong tumbuh dan berkembangnya konsep eduekowisata.

"Konsep eduekowisata menjadi konsep pilihan, karena menggabungkan aspek kepariwisataan sekaligus menyasar pendidikan dan upaya penyelamatan lingkungan berkelanjutan," pungkas pria yang juga Ketua Official CISC (Chelsea Indonesia Supporter Club Indonesia) Regional Sibolga-Tapteng ini.

6. Kegiatan Hari Kemah Bumi akan melibatkan sejumlah komunitas

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan SibolgaIDN Times/istimewa

Fauzan mengatakan, berbagai pihak dan komunitas turut berkontribusi mendukung dan ikut serta dalam kegiatan Kemah Hari Bumi. Diantaranya Kementerian Kelautan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) pusat, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Pemkot Sibolga, Dinas Pariwisata Tapteng.

Selanjutnya Official CISC (Chelsea Indonesia Supporter Club Indonesia) Regional Sibolga, PLTU Labuan Angin, PLTA Sipan Sihaporas, Bank Sumut Cabang Sibolga, Poncan Marine Resort dan diharapkan akan terus bertambah sehingga acara ini bisa diselenggarakan dengan baik.

7. IWO Sibolga-Tapteng berperan sebagai media partner

Peringatan Hari Bumi 2019, Ayo Berkemah di Pulau Poncan Sibolgapixabay/Engin_Akyurt

Kegiatan juga akan menggandeng media partner Ikatan Wartawan Online (IWO) Sibolga-Tapteng dan televisi kabajikan DAAI TV.

"Kita berharap kegiatan ini tidak sekedar meriah, yang terpenting adalah pesan penyelamatan lingkungan tersampaikan ke banyak pihak," tutup Fauzan.

Baca Juga: 8 Kecamatan Direkomendasikan Gelar Pemungutan Suara Ulang di Tapteng

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya