Farhat Abbas Dirikan Partai Pandai, Resmi Kembangkan Sayap di Sumut

Farhat: Partai ini akan utamakan kearifan lokal

Medan, IDN Times -  Pengacara Farhat Abbas mendirikan partai baru yang diberi nama Partai Negeri Daulat Indonesia atau disingkat Pandai. Partai ini bahkan sudah resmi mengembangkan sayapnya di Sumatra Utara. Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sumatra Utara dibentuk di Lapangan Mini Soccer Batak United, Medan, Jumat (27/11/2020).

Dipimpin Abdul Khair, Pandai Sumut pun akan mulai mengembangkan sayapnya di berbagai daerah. Farhat Abbas mengatakan, jika Pandai berbeda dari partai-partai lainnya.

"Kami berharap partai ini bisa besar di nasional. Ini salah satu partai yang punya sistem berbeda. Biasanya sentralistik. Dari atas. DPW dan DPC bisa tidak berarti. Tapi partai ini lahir dengan memberikan kewenangan daerah. Ke depan kita ingin mewakili parlemen, bukan untuk kekuasaan tapi agar kita berserikat berketuhanan," kata Farhat sebagai Ketua DPP Pandai.

1. Kata Farhat, partai berlambang gajah ini punya visi berserikat menuju Indonesia berdaulat

Farhat Abbas Dirikan Partai Pandai, Resmi Kembangkan Sayap di SumutFarhat Abbas usai resmikan Pandai Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Pengacara kondang ini mengatakan, visi Pandai adalah berserikat menuju Indonesia berdaulat. Dia berharap Indonesia ke depannya terbebas dari perbuatan korupsi.

"Kita ingin bersama, sejahtera, mandiri, keadilan dan berketuhanan. Memang selama ini kekuasaan partai ada di pusat. Mereka menganggap suara rakyat hanya saat pemilu. Sementara saat penentuan kebijakan tidak dianggap. Kita juga mengusulkan tidak ada lagi politik dinasti. Karena itu sumber dari perbuatan korupsi. Untuk itu saya ingin terwujudnya partai demokrasi bukan berbalut baju demokrasi," kata pria 44 tahun itu.

2. Sudah terbentuk di 11 provinsi dan akan melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia

Farhat Abbas Dirikan Partai Pandai, Resmi Kembangkan Sayap di SumutFarhat Abbas (Dok.IDN Times/istimewa)

Pandai menurutnya akan terus berusaha memenuhi syarat kepartaian didirikan di seluruh provinsi Indonesia. "Yang sudah terbentuk 11 provinsi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diresmikan di 34 provinsi Indonesia dan bisa didaftarkan untuk Pemilu 2024 nanti," kata mantan suami Nia Daniati ini.

"Kita ajak teman-teman bangun partai ini untuk mewujudkan partai yang berkuasa di daerah masing-masing. Jadi lebih kearifan lokal. Arah kebijakan harus dengan suara single mayority. Kenapa kita yang katanya di negeri demokrasi tidak memikirkan itu," bebernya.

Farhat tak sendirian dalam membangun partai ini di level nasional. Dia didukung beberapa tokoh nasional.

"Saya mengajak Iwan Piliang, Elsa Syarif, beberapa tokoh kalangan TNI dan Polisi, ayo sama-sama membangun partai ini. Mudah-mudahan Indonesia lebih baik, dan ke depan tidak ada lagi hukum tebang pilih. Hindari politik bayar membayar. Berat memang membangun partai apalagi berhadapan dengan partai-partai besar lain. Minimal harus punya 30 kursi. Threshold 40 persen. Mudah-mudahan Pandai Sumut punya wakil di DPR nanti," ungkapnya.

Baca Juga: 10 Potret Gusti Rayhan, Anak Farhat Abbas yang Siap Jadi Idola

3. Partai baru yang lebih mengutamakan kearifan lokal

Farhat Abbas Dirikan Partai Pandai, Resmi Kembangkan Sayap di SumutKetua DPW Pandai Sumut Abdul Khair (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Ketua DPW Sumut Abdul Khair mengatakan tertarik dengan visi partai baru ini yang disebutnya berbeda dari partai-partai yang sudah eksis saat ini.

"Kita bersyukur lahir satu partai baru yang punya masa depan membangun Indonesia. Selama ini sama-sama kita ketahui partai hanya dimonopoli DPP. DPW hanya sebatas ketentuan yang dibangun DPP. Lahir partai ini kami bersyukur karena kearifan lokal lebih diutamakan. Karena yang lebih tahu daerah tentu orang daerah. Gak mungkin orang Jakarta tahu semua potensi daerah," kata Abdul.

"Dengan lahirnya partai negeri daulat Indonesia ini kawan-kawan yang belum punya partai ayo bergabung. Kita harapkan berjalan dengan baik dan eksis di seluruh Sumut serta Indonesia," tambah Mantan Wakil Ketua DPRD Langkat 2004-2014.

4. Pada kesempatan yang sama Farhat didaulat jadi Ketua Pembina Batak United

Farhat Abbas Dirikan Partai Pandai, Resmi Kembangkan Sayap di SumutFarhat Abbas didaulat jadi Ketua Pembina Klub Batak United (Dok.IDN Times/istimewa)

Peresmian ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Selain itu dalam kesempatan itu Farhat juga didaulat menjadi Ketua Pembina klub Liga 3 Sumut, Batak United FC.

"Salah satu yang kita lakukan pembinaan olahraga khususnya sepak bola. Olahraga rakyat. Mudah-mudahan klub ini bisa jadi kebanggaan Sumut dan indonesia," kata Farhat.

"Menyinggung masalah bola, tahun 2003 saya sempat jadi pengurus PSSI bidang hukum. Mudah-mudahan kalian main cantik seperti almarhum Maradona," pungkasnya.

Baca Juga: Dibesut Pelatih Baru asal Cile, Batak United Lanjutkan Persiapan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya