Comscore Tracker

Canggih! Pesan Bidan Sekarang Bisa Online Lewat Aplikasi MOI

Jasa medis kemasan digital yang dikemas Startup asal Medan

Medan, IDN Times - Kecanggihan teknologi yang saat ini semakin pesat memberikan kemudahaan seperti salah satu aplikasi pemesanan jasa medis Perawat atau Bidan, secara online di Indonesia bernama Medis Online Indonesia (MOI) di Playstore yang telah banyak dirasakan oleh masyarakat khususnya ibu hamil.

Aplikasi MOI merupakan startup yang berasal dari Medan berkonsep menarik dengan tujuan membantu warga Indonesia yang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah dan pendampingan di rumah sakit.

1. Asal mula MOI

Canggih! Pesan Bidan Sekarang Bisa Online Lewat Aplikasi MOI

Bermula yang hanya dari seorang pelatih bidan dan perawat dari tahun 2007 di klinik-klinik Indonesia. Hingga saat ini Kristina Sembiring telah menjadi CEO MOI.

Dirinya mengatakan tenaga kerja MOI adalah bidan dan perawat yang sudah masuk dalam tranning center dengan memiliki kemampuan dan kualitas baik.

“Bidan yang bergabung di kita itu kalau secara kolektif dan yang menyerahkan berkas itu hampir 700-an. Tapi yang sudah kita training dan sudah kita pekerjakan ada 300-an perawat dan homecare. Nah, nanti bidan ini sudah punya teknik baru agar ibu-ibu bisa melatih dirinya dirumah, itu yang kami berikan ke ibu-ibu bidan saat ini,” tuturnya.

2. MOI punya 16 layanan yang dapat dipesan

Canggih! Pesan Bidan Sekarang Bisa Online Lewat Aplikasi MOI

Aplikasi ini merupakan aplikasi pemesanan yang profesional untuk layanan homecare, langsung hadir dirumah pasien atau sebagai pendamping di Rumah Sakit.

“Satu circle atau lingkaran kehidupan, boleh dilihat juga di aplikasi. Mulai dari ibu hamil sampai layanan orangtua lansia. Jadi satu siklus dari mulai dia lahir di muka bumi ini dari rahim ibunya sampai kita antarkan dia ke akhir usianya,” ungkapnya.

Kristina jyga menjelaskan saat ini mitranya sudah mencapai 300 perawat dan bidan yang aktif di Medan. Namun, yang sudah ditraning hampir 700-an dan bergabung jadi anggota.

Baca Juga: Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Medan, Ini 4 Faktanya

3. Fitur di-update untuk mempermudah masyarakat menemukan klinik bidan

Canggih! Pesan Bidan Sekarang Bisa Online Lewat Aplikasi MOI

Menurut Kristina, fitur yang sudah ada saat ini masih kurang, sehingga akan di-update dan di-launching pada 19 oktober 2019, yang membuat beda fitur sebelumnya dengan yang baru akan lebih banyak dan spesifik. Tak hanya itu, masyarakat bisa menemukan klinik bidan yang sudah di-upgrade ilmunya.

“Jadi sudah ada fitur klinik bidan, jadi tidak hanya bidan yang kita kirim ke rumah tapi masyarakat bisa menemukan klinik bidan yang sudah kami upgrade ilmunya. Di klinik yang ada yoganya, klinik ada baby spa nya, klinik mana sudah ada ibu hamilnya MOI,” jelas Kristina.

4. Tahun depan akan diadakan pembinaan bidan digital

Canggih! Pesan Bidan Sekarang Bisa Online Lewat Aplikasi MOIDok.IDN Times/istimewa

Selain itu, Kristina menjelaskan bahwa mitra yang masuk sudah terverifikasi oleh pihaknya mulai dari surat izin praktek, KTP, dokumen dasar dan tim yang akan survei ke lapangan. Namun, tidak ada tes tertentu.

“Bahkan tahun depan kita upayakan ada digitalnya. Jadi bagaimana pembinaan bidan era digital, jadi contoh kalau dulu bidan terima pasien anak pertama susah dan harus operasi dan sekarang sudah banyak ilmu,” ujarnya

Kristina berharap masyarakat akan lebih melek terhadap dunia digital, agar pihak MOI dapat membantu dari 2 sisi yaitu tenaga kerja dan masyarakat.

Seperti yang dijelaskan Kristina bahwa data setiap tahun hadir lulusan bidan dan perawat 100ribu orang di Indonesia, dan 30 sampai 40 persen pengangguran, dengan penghasilannya yang kecil.

“Dari sisi tenaga kesehatan kami mau merangkul mereka dengan memberikan pelatihan, tranning dan kami sudah siapkan platfoarmnya agar mereka bisa di order dengan platfoarm tersebut, sampai hari ini masih ada bidan yang digaji 50ribu perbulan, ini masalah besar. Selain itu, kami ingin membantu masyarakat agar bisa mendapatkan tenaga kesehatan dirumah mereka sendiri dirawat layaknya keluarga, menghemat waktu, biaya lebih murah, dan tenaga kerja yang kita kirim itu sudah di didik secara profesional” ungkapnya.

Baca Juga: Roadshow Bekraf, Ini Syarat Gabung dengan Go Startup Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You