Plt Bupati Berangkatkan 400 Calon Jemaah Haji dari Asahan

Pria berusia 91 tahun jadi calon jemaah tertua

Asahan, IDN Times - Sebanyak 400 orang calon Jemaah Haji asal Kabupaten Asahan dilepas secara resmi oleh Plt Bupati Asahan, Surya di Gedung Tahfiz Qur'an Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Asahan, Sabtu (13/7).

Pada pelepasan calon Jemaah Haji Kabupaten Asahan tahun 1440H/2019M ini berjumlah 400 orang, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 167 orang dan perempuan sebanyak 233 orang.

1. Pria berusia 91 tahun jadi calon jemaah tertua

Plt Bupati Berangkatkan 400 Calon Jemaah Haji dari AsahanDok. IDN Times/IStimewa

Calon jemaah haji tertua yaitu Nasril Dahlan Dulhamid (91) berasal dari Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Sedangkan calon jemaah haji termuda Muhammad Diffa Akmal Kemaldin (19) dari Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan.

Baca Juga: Hari Ini Pebalap AHRT Akan Unjuk Gigi di CEV Aragon Spanyol

2. "Ketika kembali nanti harus lebih mantap lagi kepribadiannya"

Plt Bupati Berangkatkan 400 Calon Jemaah Haji dari AsahanDok. IDN Times/IStimewa

Plt Bupati Asahan Surya berpesan etika berada di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Wukuf di Arafah, melempar Jumrah di Mina laksanakanlah semua dengan khusuk, pahami makna dan hakekatnya sebagaimana yang telah diajarkan pada manasik haji.

"Sebagai haji yang mabrur, ketika kembali nanti harus lebih mantap lagi kepribadiannya dan dapat menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat. Pelaksanaan ibadah haji memang ditanah suci, tapi pengembangannya dikampung halaman sendiri," ujar Surya.

3. Satu calon jemaah mengalami sakit dan tidak bisa berangkat

Plt Bupati Berangkatkan 400 Calon Jemaah Haji dari AsahanDok. IDN Times/IStimewa

Selanjutnya, Plt Bupati Asahan Surya melepas Jamaah Calon Haji Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Minggu (14/7).

Sebanyak 399 orang jamaah haji diberangkatkan dari jumlah awal jamaah sebanyak 400 orang yang dilepas dari Kabupaten Asahan, dikarenakan 1 orang jamaah atas nama sikem asal Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan tidak dapat diberangkatkan karena sakit.

Surya menyampaikan pesan kepada petugas pembimbing jamaah haji dan petugas kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas agar jamaah calon haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan sebaik baiknya dan dapat menjadi haji dan hajjah yang mabrur.

Baca Juga: Grab akan Disidang dan Terancam Denda hingga Rp25 Miliar, Ini Sebabnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya