Comscore Tracker

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Gunung di Sumut tak ada yang lebih dari 2.500 Mdpl

Mendaki sekarang sudah menjadi salah satu hobi yang banyak digemari oleh kalangan muda saat ini. Gunug yang ada di Medan tidak semuanya bisa untuk mendaki karena ada beberapa faktor dan hal yang harus dipenuhi untuk bisa dijadikan sebagai gunung untuk menjadi gunung yang bisa dijadikan untuk jalur mendaki.

Berikut beberapa gunung yang ada di Sumut yang cocok untuk mendaki bagi pemula maupun yang sudah pro. Yuk simak:

Baca Juga: Masih Pandemik, Imlek di Vihara Maitreya Hanya Ada Lampion

1. Gunung Sibuaten

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki PemulaInstagram/@pendakisumut

Gunung Sibuaten atau Deleng Sibuaten dalam Bahasa Karo adalah gunung tertinggi di Sumatra Utara.

Gunung Sibuaten berada di perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Dairi dengan ketinggian 2.457 m dpl atau lebih tinggi dari Gunung Sibayak yang tercatat sebagai gunung berapi aktif yang juga berada di Kabupaten Karo.

Keberadaan Gunung Sibuaten masih berada pada deretan Pegunungan Barisan. Untuk mencapai puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 7-9 jam. Keberadaan hutan rimba Gunung Sibuaten yang sangat lembap dan licin, membuat keberadaanya sangat sukar untuk didaki, khususnya pada musim hujan.

2. Gunung Sibayak

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki PemulaGunung Sibayak (IDN Times/Indah permata Sari)

Gunung ini sangat familiar dengan pendaki pemula, Gunung Sibayak ini sangat indah dan bisa dinikmati oleh pengunjung domestik dan juga pengunjung Internasional.

Gunung Sibayak iini mulai populer sejak gunung Sinabung sudah tidak diperbolehkan untuk didaki lagi.

Ketinggian dari gunung ini mencapai 2.212 mdpl, gunung ini hanya perlu membutuhkan waktu 2 jam untuk mendakinya, sedangkan dari kota Medan akan memakan waktu 3-4 jam perjalanan.

3. Gunung Simpon atau Deleng Simpon

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki PemulaDelleng Simpon (Dok. wisataterbaru.net)

Gunung ini sudah tidak aktif lagi, lokasinya ada di perbatasan Kabupaten Pakpak barat dan kabupaten Humbang Hasundutan.

Gunung Simpon menjadi surga bagi berbagai jenis flora dan fauna yang langka. Salah satu budaya yang ada disini adalah mencuci muka di mata air yang bernama Lae Eluh Berru Tinambunen.

4. Gunung Sorik Marapi

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki Pemulainstagram.com/anwar_caniago

Gunung Sorik Marapi yang berada di kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sorik Marapi layak menjadi destinasi pecinta wisata menantang atau pendaki.

Dengan ketinggian 2.145 mdpl, gunung ini menawarkan pemandangan kawah biru nan memukau serta alam dan pemukiman di kaki gunung yang bisa dinikmati pendaki.

5. Gunung Sipiso-piso

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki Pemulacomputer

Sipiso-piso adalah salah satu gunung yang bertempat di kawasan danau Toba, Sumatera Utara. Dengan ketinggian gunung yang mencapai 1900 meter di atas permukaan laut, gunung yang menjulang ini berada di Kec. Merek, Kab. Karo.

Gunung ini mendapatkan julukan sebagai bukit gundul, julukan ini diambil karena hanya dibagian bawah dan menengah saja yang ditumbuhi pohon dan puncaknya tidak berimba. Akses jalan ini bisa dilalui dengan bersepeda maupun dengan sepeda motor.

6. Gunung Lubuk Raya

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki PemulaGunung Lubuk Raya, Tapanuli Selatan (Dok. Pesona Tabagsel)

Gunung ini memiliki ketingian mencapai 1618 mdpl dan masuk ke dalam jenis stravolcano tipe B. Gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan mempesona. Gunung ini berlokasi tidak jauh dari gunung Sibual Buali yaitu di Tapanuli Selatan.

Perjalanan untuk mencapai puncak dari gunung ini membutuhkan waktu 3 jam lamanya.

7. Pusuk Buhit

7 Gunung di Sumut yang Cocok Untuk Pendaki PemulaDanau Toba (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pusuk Buhit terletak di area Pulau Samosir. Bukit ini berada di tiga area Kecamatan, yaitu Penguruan, Sianjur Mula-mula, dan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Pusuk Buhit merupakan salah satu puncak di pinggir barat Danau toba. Berada di ketinggian 1.982 mdpl.

Selain menyimpan keindahan, Pusuk Buhit juga menjadi panggung legenda lahirnya Suku Batak. Tidak heran jika objek wisata ini menawarkan aroma petualangan yang sangat menyenangkan untuk dijelajahi.

Baca Juga: 5 Rekomedasi Kedai Soto Legendaris di Kota Medan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya