TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sinabung Erupsi, Gempa Tremor dan Vulkanik Masih Berlangsung

Dampak abu vulkanik mencapai tebal 3 cm

Abu vulkanik Sinabung di kawasan Gundaling, Berastagi yang direkam pemain PSMS (Dok.IDN Times/istimewa)

Karo, IDN Times – Erupsi masih berlangsung di Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Senin (10/8/2020) siang. Sinabung terpantau masih memuntahkan abu vulkanik hingga pukul 13.00 WIB.

Hari ini terjadi dua kali erupsi. Pertama kali terjadi sekitar pukul 10.16 WIB. Tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter. Sedangkan erupsi kedua terjadi pukul 11.17 WIB. Tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter.

“Arah angin masih mengarah ke Timur dan Tenggara,” ujar Kepala Pos Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra kepada awak media.

Baca Juga: [BREAKING] Erupsi Sinabung, Hujan Abu Bikin Desa Naman Gelap Gulita

1. Gempa tremor dan vulkanik masih terjadi sampai saat ini

Erupsi Gunung Sinabung (Dok. KESDM, Badan Geologi, PVMBG)

Armen juga mengabarkan jika sampai saat ini masih terjadi gempa tremor dan vulkanik. Aktifitasnya juga fluktuatif tercatat pada seismograf. “Kemungkinan masih ada potensi erupsi,” ujar Armen.

Material vulkanik  mengguyur kawasan Kota Berastagi, Kecamatan Merdeka dan Naman Teran dan Kabupaten Deli Serdang yang berbatasan dengan Karo. Abu yang termonitor berwarna coklat kehitaman.

 “Sampai saat ini masih terekam gempa di seismograf dan masih mengeluarkan abu,” ujar Armen.

2. Warga belum ada yang dievakuasi

Ilustrasi Gunung Meletus (Merapi) (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Peranginangin mengatakan jika belum ada warga yang dievakuasi karena dampak erupsi. Pihaknya masih menunggu perkembangan erupsi.

“Kita hanya melakukan pembersihan di beberapa zona terpapar abu vulkanik,” ujar Natanail.

Pihaknya mengerahkan pasukan Pemadam Kebakaranm PMI, Polres dan lainnya tengah melakukan pembesihan wilayah terdampak. Ada sekitar sembilan unit mobil Damkar yang dikerahkan.

Baca Juga: Sinabung Erupsi, Manajemen PSMS Berencana Pulangkan Pemain ke Medan

Berita Terkini Lainnya