Kloter 6 Jemaah Haji Tiba Medan, Jumlah yang Wafat Sudah 33 Orang

Terhitung 18 kloter lagi yang akan tiba di Debarkasi Medan

Medan, IDN Times - Sebanyak 360 jemaah haji kloter 6 berasal dari 4 wilayah, yakni Kota Medan, Dairi, Pakpak Bharat dan Asahan telah usai menunaikan ibadah haji dan tiba di Debarkasi sekitar pukul 11.03 WIB, pada Senin (10/7/2023).

Terpantau, untuk memasuki ruangan Madinatul Hujaj dengan total 360 orang ini diperiksa suhu terlebih dahulu untuk mengetahui kestabilan tingkat suhunya. Tersediakan juga air zam-zam sebanyak 5 liter di setiap bangku perorangnya.

Turut hadir juga Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin, dan juga Kepala Kantor Kemenag Kota Medan Impun Siregar.

1. Total jemaah Haji yang telah wafat sebanyak 33 orang

Kloter 6 Jemaah Haji Tiba Medan, Jumlah yang Wafat Sudah 33 OrangJemaah Haji kloter 6 sampai di debarkasi Medan (IDN Times/Indah Permata Sari

Ketua Kemenang Sumut, Ahmad Qosbi menyampaikan dari kloter 6 ada seorang jemaah haji yang telah berpulang ke rahmatullah asal wilayah Kabupaten Langkat.

Qosbi juga menyampaikan bahwa saat ini jemaah haji yang telah wafat bertotal 33 orang.

“Mulai dari jemaah hingga saat ini total yang sudah meninggal 33 jemaah. Kita doakan mereka tergolong dalam orang yang soleh dan soleha,” ungkapnya dalam kata sambutan.

Ia menyampaikan jika nantinya jemaah haji ingin kembali haji lagi maka dimulai pada tahun 2033.

“Kalau ditahun 2022 berarti naik hajinya tahun 2080,” kata Qosbi.

Baca Juga: Sudah 27 Jemaah Haji asal Sumut yang Wafat, Ini Data-datanya

2. Tercatat ada yang mutasi masuk dan keluar 2 orang

Kloter 6 Jemaah Haji Tiba Medan, Jumlah yang Wafat Sudah 33 OrangJemaah Haji kloter 6 sampai di debarkasi Medan (IDN Times/Indah Permata Sari

Dari data Kemenang Sumut, jumlah jemaah haji asal dari 4 daerah Sumut ini tercatat Kota Medan 324 jemaah haji, Dairi 21, Pakpak Bharat 6, dan Asahan 1  jemaah haji. Sedangkan petugas daerah PHD Kota Medan yang ikut ada 3 orang, Petugas Pusat TPHI 1 orang, TPIHI 1 orang dan TKHI ada 3 orang.

Dalam keterangannya ada mutasi keluar 2 orang, atas nama Suhaimi Haris Kliwon nomor manifest 243 disebabkan telah wafat, dan Suwarni Wakijan Abdullah nomor manifest 304  (tanazul ke kloter 2).

Kemudian, mutasi masuk 2 orang atas nama Muslim Simbolon nomor manifest 243 (asal kloter 14 nomor manifest 286), dan Ahmad Yusuf Simbolon nomor manifest 304 (asal kloter 14 nomor manifest 287). Hingga jumlah yang berangkat dan pergi bertotal 360 jemaah haji.

3. Sisa 18 kloter lagi akan datang ke debarkasi Medan

Kloter 6 Jemaah Haji Tiba Medan, Jumlah yang Wafat Sudah 33 OrangJemaah Haji kloter 6 sampai di debarkasi Medan (IDN Times/Indah Permata Sari

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menambahkan bahwa saat ini sudah kloter 6 dan tersisa 18 kloter lagi.

Ia menyampaikan bahwa, jemaah haji mendominasi usia lansia yang memiliki risiko. Namun, terbukti semuanya sehat-sehat.

Saat disinggung pendampingan untuk jemaah haji, Edy Rahmayadi mengatakan hal ini sudah terbiasa sejak 3 atau 4 tahun lalu

"Memang 3 atau 4 tahun lalu begitu dia. Tetapi kalau pendamping ini nanti akan bertambah jumlah kloter,” ucapnya.

Baca Juga: 360 Jemaah Haji Kloter 1 Asal Sumut Tiba di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya