TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dugaan Suap Kasus Narkoba, Kapolda Sumut Beri Sinyal Copot Kombes Riko

Irjen Panca: Tidak boleh gegabah

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak. (Dok Polda Sumut)

Medan, IDN Times  - Tim dari Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) tengah melakukan penyelidikan terkait Kapolrestabes Medan Komisaris Besar Riko Sunarko yang diduga ikut menikmati uang suap dari istri bandar narkotika. Dugaan ini mencuat saat persidangan lima mantan personel Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan di Pengadilan Negeri Medan beberapa waktu lalu.

Kapolda Sumatra Utara Inspektur Jenderal RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, tim sudah bekerja selama empat hari terakhir. Panca tidak segan untuk mengambil tindakan, jika dugaan itu memang benar.

“Itu terkait keterangan yang diberikan,  disampaikan di sidang pengadilan, yang sebelumnya tidak diberikan di pemeriksaan," kata Panca, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Kata Kapolda Sumut Soal Dugaan Kapolrestabes Medan Pakai Uang Suap

1. Tim dari Mabes Polri juga turun untuk membantu penyelidikan

Ilustrasi penyelidikan. (Pixabay.com/geralt)

Panca juga sudah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Bahkan, Mabes Polri juga sudah menurunkan timnya untuk membantu penyelidikan. Panca menyebut, Kapolri juga mendukungnya untuk mengungkap polemik itu.

"Percayalah yang salah akan kita proses kalau itu terbukti. Percayakan sama saya. Kalau benar akan kita sampaikan.

Panca juga mengatakan, jika dirinya sudah memecat lima terdakwa itu dari institusi kepolisian. Alasannya, kelima terdakwa sudah menyalahgunakan wewenang sebagai petugas, dan ada personel yang diduga menggunakana narkoba.

2. Kapolda Panca tidak mau gegabah mencopot Kapolrestabes Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko menjelaskan kasus dugaan pengerusakan mobil milik Dinas Bina Marga Pemprov Sumut pada 8 Oktober 2020. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam kasus ini, tidak hanya Kapolrestabes Medan yang  namanya disebut. Terdakwa Ricardo juga menyebut nama Kasat Narkoba Polrestabes Medan Kompol Oloan Siahaan bersama jajarannya yang diduga juga menikmati uang suap itu.

Panca mengaku sudah mencopot Oloan dan anggotanya. Dalihnya untuk memudahkan pemeriksaan. Panca juga memberikan sinyal akan mencopot Kapolrestabes Medan.  

“Sebentar, akan saya lakukan tenang saja. Tapi gak boleh gegabah. Harus benar,” ungkapnya.

Baca Juga: Curi Rp650 Juta, Oknum Polisi Seret Nama Kapolrestabes Medan

Berita Terkini Lainnya