TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dianggap Rasis, Mahasiswa Papua Desak USU Tindak Prof Yusuf Henuk

Mahasiswa minta Prof Henuk dicopot dari guru besar USU

Ikatan Mahasiswa Papua berunjuk rasa di depan gedung Rektorat USU, Selasa (2/2/2021). (Istimewa)

Medan, IDN Times – Gedung Rektorat Universitas Sumatra Utara digeruduk massa yang mengatasnamakan dirinya dari Ikatan mahasiswa Papua (IMP), Selasa (2/2/2021). Massa yang berjumlah puluhan itu menuntut USU menindak Guru Besar Pertanian USU Profesor Yusuf Leonard Henuk ditindak karena sudah berbuat rasis. Massa diterima langsung Rektor baru USU Muryanto Amin yang baru bertugas.

Unjuk rasa ini dipicu oleh cuitan yusuf di akun  twitternya @ProfYLH yang menyinggung soal Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Dia menyandingkan foto Natalius dengan gambar monyet yang tengah bercermin.

Baca Juga: Dilantik Jadi Rektor, Muryanto Amin Targetkan USU Masuk 10 Besar

1. Massa meminta USU bisa mengambil langkah tegas

Ikatan Mahasiswa Papua berunjuk rasa di depan gedung Rektorat USU, Selasa (2/2/2021). (Istimewa)

Dalam aksi tersebut massa membaw  berbagai poster protes. Mereka merasa sakit hati dengan apa yang sudah dilakukan oleh Yusuf.

Massa menggelar mimbar bebas di depan gedung rektorat. Mereka mendesak supaya USU mencopot Yusuf dari jabatannya sebagai tenaga pengajar.

"Kami mahasiswa Papua melawan rasisme. Kasus ini tidak boleh dipelihara. Kami menuntut keras agar rasisme dihentikan," ujar Koordinator Aksi, Yance Emany.

2. Mahasiswa Papua meminta polisi juga menindak Yusuf karena sudah berbuat rasis

Ikatan Mahasiswa Papua berunjuk rasa di depan gedung Rektorat USU, Selasa (2/2/2021). (Istimewa)

Dalam orasinya, Yance juga meminta supaya Yusuf bisa ditindak secara hukum. USU juga harus mendorong supaya kasus ini bisa ditindak. Supaya ada efek jera dan tidak kembali terulang apalagi di lingkungan pendidikan.

“Kami IMP Sumut meminta Prof Yusuf L Henuk ditangkap dan diproses hukum. Karena, rasisme musuh bersama. Rasisme tidak boleh dipelihara di USU maupun di Indonesia," tukasnya.

Baca Juga: Besok Dilantik Sebagai Rektor USU, Ini Rekam Jejak Muryanto Amin

Berita Terkini Lainnya