TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Batu Misterius di Tapteng, Diduga Asteroid Hingga Wahana Antariksa

LAPAN tengah melakukan pengecekan

Batu yang diduga meteor jatuh di Tapteng (Dok. IDN Times)

Medan, IDN Times – Batu yang jatuh menimpa rumah warga di Tapanuli Tengah masih menjadi misteri. Belum diketahui apakah memang batu itu adalah benda langit dari antariksa yang masuk ke atmosfer bumi, ataukah kemungkinan lainnya.

Batu itu pertama kali ditemukan oleh Josua Hutagalung, Sabtu 1 Agustus 2020 petang. Batu seberat 2,2 Kg itu menimpa rumahnya yang berada di Desa Satahi Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara.

Baca Juga: Viral! Pembuat Peti di Tapteng Dapat Batu Misterius Jatuh dari Langit

1. LAPAN akan memeriksa komposisi batu misterius tersebut

Pemilik rumah, Josua saat memperlihatkan batu yang diduga meteor (Istimewa/Dok IDNTimes)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan komentar atas penemuan batu misterius itu. Mereka berencana akan memeriksa batu tersebut. Pihaknya tengah berkoordinasi dengan LAPAN di Agam, Sumatra Barat

“Saya sudah komunikasi dengan teman-teman di LAPAN Agam supaya dibawa ke laboratorium geologi untuk memastikan komposisi bendanya,” ujar Koordinator Diseminasi di Pusat Sains Antariksa LAPAN Emmanuel Sungging, kepada IDN Times, Rabu (5/8/2020).

2. Diduga dari sisa wahana antariksa hingga asteroid

blog.goo.ne.jp

Saat ditemukan Josua, batu itu masih dalam keadaan hangat. Kondisinya masuk ke dalam tanah karena kecepatannya cukup tinggi.

Emmanuel mengatakan pihaknya masih menunggu hasil dari penelitian laboratorium. Pun begitu, batu tersebut diduga benda langit yang tidak habis saat masuk ke atmosfer bumi.

“Perlu dicek, apakah itu dari bahan buatan (sisa roket/wahana antariksa) atau alamiah (asteroid),” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Penampakan Batu yang Diduga Meteor Jatuh di Atap Rumah Warga 

Berita Terkini Lainnya