TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Petani asal Taput Ini Didakwa Jual Sisik dan Lidah Trenggiling

Dijual seharga Rp200 ribu hingga Rp1,5 juta per kilogram

ilustrasi trenggiling (unsplash.com/Louis Mornaud)

Medan, IDN Times- Henri Donal Siregar (39) warga Desa Aek Tangga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara diadili di ruang Cakra VI Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (02/11/20222). Pria yang bekerja sebagai petani ini didakwa menjual belasan kilogram sisik trenggiling dan delapan lidah trenggiling.

Baca Juga: Hutan DAS Sumut Rusak Parah, Bencana Terus Mengancam

1. Terdakwa berasal dari Tapanuli Utara

IDN Times/Masdalena Napitupulu

Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Liani Elisa Pinem mengatakan, perkara berawal pada Sabtu 23 Juli 2022, bahwa terdakwa Henri yang berada di Tapanuli Utara ada menjual 50 kilogram sisik trenggiling dan 15 buah lidah trenggiling.

Tim Polisi Kehutanan yang bertugas di Kantor Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPH LHK) Wilayah Sumatra Utara, mendapat informasi tersebut dari masyarakat. Mendapat informasi itu, selanjutnya petugas melakukan penyamaran untuk membeli sisik trenggiling dan lidah trenggiling terhadap terdakwa.

"Dengan kesepakatan harga sisik trenggiling seharga Rp1,5 juta per kilogramnya dan lidah trenggiling seharga Rp200 ribu per potong," kata JPU Liani, di hadapan majelis hakim yang diketuai Sulhanuddin.

2. Petugas menyamar sebagai pembeli

Sisik trenggiling yang disita dari pedagang di Jambi. (Istimewa)

Selanjutnya, kata JPU, petugas yang menyamar sebagai pembeli sepakat untuk bertemu dengan terdakwa Henri pada Jumat, 19 Agustus 2022 di Jalan STM, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

"Kemudian, terdakwa Henri merental satu unit mobil minibus dan pergi menuju Medan dengan membawa satu karung goni warna putih berisikan sisik trenggiling dengan berat kurang lebih 19 kilogram dan 8 potong lidah trenggiling yang sudah dikeringkan," kata JPU Liani.

Baca Juga: 8 Fakta Trenggiling, Hewan yang Paling Banyak Diperdagangkan di Dunia

Berita Terkini Lainnya