TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pandemik COVID-19, Jumlah Pengurusan Paspor Menurun Drastis

Alami penurunan karena pandemik 

ilustrasi paspor Indonesia (IDN Times/Sunariyah)

Medan, IDN Times - Jumlah pengurus paspor menurun selama adanya pandemik COVID-19. Hal tersebut dikatakan Supartono, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Medan. Ia menuturkan penurunan secara drastis dalam pengurusan paspor dialami di tahun 2020 ini.

Dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 96.611 pemohon, pada tahun 2020 sampai tanggal 20 November, merosot di angka 21.995 pemohon.

"Ini menurun drastis karena masyarakat kita kan ngapain buat paspor kalau masih ada COVID-19, apalagi buat paspor kan mudah ngapain buru-buru kalau belum mau berangkat juga," ujar Supartono.

Baca Juga: E-Paspor Kurang Diminati di Kota Medan, Apa Penyebabnya?

1. Melalui aplikasi Apapo Imigrasi, pemohon dibatasi hanya 150 orang per hari selama pandemik COVID-19

Ilustrasi Paspor. IDN Times/Hana Adi Perdana

Melalui aplikasi Apapo Imigrasi, Supartono juga mengatakan kuota pemohon dibatasi hanya 150 orang per hari selama pandemik COVID-19. 

"Sehari dengan kuota 150 orang. Hanya 50 persen dari hari normal. Itu paling dilayani 20-30 pemohon. Jadi 150 kuota antrean itu tidak maksimal diambil permohonan semuanya," tambahnya.

2. Untuk meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat, kantor imigrasi melaksanakan pelayanan Eazy Passpor

Ilustrasi imigrasi di Bandara Kuala Lumpur (IDN Times/Santi Dewi)

Supartono menuturkan, untuk meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat, kantor imigrasi melaksanakan pelayanan Eazy Passport yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling dan atau mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI).

"Pelayan eazy paspor dilaksanakan 11 Juli 2020 dengan dua titik yang berbeda. Ada 81 permohonan diterima di Kafe Koktong di Jalan Cemara Asri. Kemudian ada 45 permohonan di Gundaling Berastagi," jelasnya. 

Baca Juga: Hari Dharma Karyadhika, Ini 3 Kegiatan Kantor Imigrasi Siantar

Berita Terkini Lainnya