TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kini Ada Stasiun Kendaraan Listrik Umum di Binjai, Ini Lokasinya

Diharapkan bisa dibangun juga di pusat-pusat keramaian

Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang disermikan di Binjai (IDN Times/ istimewa)

Binjai, IDN Times - Kota Binjai kini sudah memiliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Lokasinya di Halaman Kantor PT PLN (Persero) UP3 Binjai Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatra Utara.

SPKLU ini sudah beroperasi mulai Senin (20/3/2023) kemarin. 

Baca Juga: 27 Anggota DPRD Sepakat Usulkan Wali Kota Siantar Diberhentikan

1. Wali Kota berharap SPKLU bisa tersedia di pusat-pusat keramaian

Ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN. (dok. PLN)

Wali Kota Binjai, Amir Hamzah mengakui, operasionalisasi kendaraan listrik yang saat ini sedang digalakkan pemerintah pusat merupakan upaya penting dalam mengurangi beban subsidi bahan bakar minyak (BBM), serta cara paling efektif untuk menekan polusi udara dan suara kendaraan.

"Saya berharap, SPKLU ini dapat dibangun di beberapa tempat keramaian, seperti di kantor kota, BSM (Binjai Super Mall), batalyon, polres, maupun kejaksaan. Sehingga dapat memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik," kata Amir.

2. SPKLU ada 9 unit yang tersebar di 9 kabupaten/kota Sumatra Utara

Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang disermikan di Binjai (IDN Times/ istimewa)

Sementara itu, GM PT PLN (Persero) UID Sumatera Utara, Tonny Bellamy, menyatakan peresmian SPKLU merupakan bentuk komitmen PT PLN (Persero) dalam mendukung program nol emisi karbon.

"PLN akan terus mendukung berkembangnya kendaraan listrik dengan membangun dan meresmikan SPKLU. Secara nasional, SPKLU sudah berjumlah 600 unit. Sedangkan di Sumut, ada sembilan unit, termasuk di Kota Binjai," jelas dia.

Pendirian SPKLU, sambung Tonny, ke depannya akan dibuat layaknya SPBU dengan melibatkan pihak swasta. "Apalagi di Sumatra Utara sudah ada satu SPKLU yang dikelola oleh swasta, dan mungkin ke depannya jumlah SPKLU akan terus bertambah," timpal dia.

Baca Juga: Hyundai Sambut Baik Subsidi Kendaraan Listrik

Berita Terkini Lainnya